ICIC BUKA RANGKAIAN RAKORNAS APTIKOM 2019


ICIC BUKA RANGKAIAN RAKORNAS APTIKOM 2019

The Fourth Internasional Conference on Informatics and Computing (ICIC) resmi digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. ICIC diadakan di gedung H lantai 7 Udinus dan mengusung tema ‘Toward Digital Economy Sovereignty Through Empowering Artificial Intelligence in Industry 4.0’. ICIC yang keempat, diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan bekerjasama dengan Udinus sebagai tuan rumah acara tersebut, pada Rabu (23/10/2019).

 

Kegiatan  diikuti lebih dari ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, menjadi acara pembuka dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Aptikom 2019  yang akan diselenggarakan di Patra Convention

Dalam sesi wawancara, Ketua ICIC 2019, Media Anugerah Ayu menjelaskan, terdapat beberapa topik utama yang dibahas dalam kegiatan ICIC yang telah digelar selama 4 kali tersebut. Menurutnya Artificial Intellegence (AI) menjadi hal terpenting untuk menghadapi era Industri 4.0. Tambahnya, paper yang dikumpulkan dari para peserta dari juga telah membahas mengenai hal tersebut. "Fokus kami selain AI yakni ekonomi digital. Karena era sekarang hal tersebut menjadi sangat penting. Apalagi teknologi untuk sekarang ini sudah mengarah ke teknologi 5G," jelasnya.

 

ICIC 2019 diisi oleh tiga pembicara ternama yakni Prof. Dr. Ing. Hans Jurgen Zepernick dari Blekinge Institute of Technology, Prof. Dato Norbik Bashah Idris dari International Islamic University Malaysia. Sedangkan pembicara ketiga yakni Prof.Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna.

 

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr.Supriadi Rustad, M.Si mengungkapkan bahwa berbagai kajian-kajian yang dilakukan oleh dosen Udinus hingga mahasiswa juga telah banyak mengarah ke sistem AI. Hal itu telah sesuai dengan pandangan dari pembicara kali ini. "Udinus terus mengembangkan berbagai inovasi yang memudahkan bagi masyarakat. Terutama di dunia AI juga telah diarahkan kesana khususnya untuk S-3 Udinus," ungkapnya.

 

Selain acara ICIC yang dilakukan di Udinus, terdapat beberapa kegiatan lain yang akan dilakukan selama Rakornas Aptikomm 2019. Antara lain Rakornas, Seminar Nasional Aptikom (Semnastik), Rakornas inti Aptikom, dan ditutup dengan city tour mengelilingi kota Semarang. Di pembukaan Rakornas nanti, peserta akan dihibur oleh pernampilan eGamelan Udinus yang pernah tampil di Unesco. Sedangkan pada penutupan Rakornas akan dihibur oleh penampilan artis Yuni Shara. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)