Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyambut kunjungan dari SMK Negeri 6 Sukoharjo yang diterima oleh Sekretaris Program Studi (Progdi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Khamadi S.Sn, M.Ds dan dosen DKV  Puri Sulistiyawati, S.Sn, M.Kom., pada Selasa (05/22/2019).

 

Sebanyak 105 siswa dan sembilan guru pendamping disuguhkan beberapa karya berupa video dari mahasiswa dan alumni DKV yang mendapatkan penghargaan dari beberapa kompetisi. Khamadi mengungkapkan mahasiswa DKV tidak hanya bisa menggambar dengan pensil atau kuas, namun juga harus pandai dalam memenafaatkan teknologi masa kini. “Banyak karya mahasisiswa DKV yang tidak hanya berupa lukisan atau karya seni rupa. Banyak juga yang memanfaatkan era digital untuk membuat karyanya, seperti pembuatan profile dengan gambar bergerak,” ungkap Kahamadi.

 

Dalam kunjungan yang berlangsung di Aula Gedung H lantai 7 ini, Khamadi juga menyampaikan mahasiswa diberikan kebebasan dalam penggunaan aplikasi dalam pembuatan karya. “Di Udinus, kami sudah menyiapkan beberapa aplikasi yang akan mahasiswa pelajari dan gunakan. Namun kami membebaskan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi apa saja yang mereka kuasai untuk membuat tugas mereka. Udinus membiarkan mahasiswa mengembangkan kreativitas mereka sendiri, senyaman mereka,” lanjut Khamadi.

 

Surasa, perwakilan dari SMKN 6 Sukoharjo menyampaikan bahwa Udinus merupakan kampus yang sesuai dengan jurusan yang dipelajari oleh siswanya. “Udinus menjadi kampus yang berbasis IT. Oleh sebab itu kami ingin siswa kami memiliki gambaran bagaimana mereka akan menempuh pendidikan di universitas sesuai dengan jurusan mereka,” ujar Surasa

Ia juga berharap mampu bekerjasama dengan Udinus untuk program magang mahasiswa. “Saya harap mahasiswa kami bisa mendapat kesempatan untuk melakukan magang disini, sehingga mereka memiliki pengalaman serta ilmu baru,” harapnya. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto : Nuvia KHN)