BERANTAS PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LINGKUNGAN KAMPUS, UDINUS DAN BNNP JATENG LAKUKAN TES URIN KEPADA MAHASISWA


BERANTAS PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LINGKUNGAN KAMPUS, UDINUS DAN BNNP JATENG LAKUKAN TES URIN KEPADA MAHASISWA

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali melaksanakan tes urin kepada mahasiswa  sebagai langkah Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan kampus. Bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNPP) Jawa Tengah, Udinus melakukan sidak di dua tempat yakni gedung H lantai 1 dan gedung A lantai 1, pada Senin (9/12/2019).

 

Tes urin yang diadakan untuk kesekian kalinya merupakan upaya Udinus dalam memberantas narkoba di lingkungan kampus. Komitmen Udinus tersebut terhadap larangan penggunaan narkoba diapresiasi oleh pemerintah dengan diterimanya berbagai penghargaan sebagai kampus bebas narkoba pada tahun 2016.

Pada tahun ini, ketika Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada pertengahan Juni lalu, Udinus kembali diganjar penghargaan dari BNN sebagai kampus anti narkoba. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, Jusuf Kalla.

 

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom menjelaskan bahwa dalam setiap tahun dilakukan tes urine mulai dari rektor hingga mahasiswa. Tegasnya, kampus Udinus juga terus mensosialisasikan bahaya narkoba kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika Udinus. “Semua harus menjalani tes urine, mulai dari saya sebagai Rektor, yayasan, dosen, tenaga kependidikan hingga mahasiswa. Namun kali ini giliran tes urine pada 150 mahasiswa. Apabila terbukti dalam tes urin ada indikator pemakaian narkoba  kami tidak mentolerir, dan sanksinya adalah keluar,” ungkapnya tegas.

 

Antusiasme mahasiswa terhadap pencegahan narkoba, Edi menambahkan, sangatlah baik. Terlihat banyaknya kegiatan yang berhubungan dengan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, salah satunya adalah kegiatan kuliah umum mengenai bahaya narkoba yang diisi rutin oleh BNNP Jawa Tengah. “Respon dari mahasiswa cukup baik, mereka kooperatif melaksanakan tes urin dengan tertib . Ini juga membantu pelaksanaan P4GN di Udinus dan supaya kampus Udinus terhindar dari bahaya narkoba”, tutur Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM.

 

Kegiatan P4GN di Udinus pada hari Senin (9/12/2019) diadakan di dua tempat yang ebrbeda yakni Gedung H lantai 1 dan gedung A Udinus. Tes tersebut dilakukan secara acak kepada setiap mahasiswa. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)