Mahasiswa Sastra Inggris semester 5 dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar pagelaran drama berbahasa Inggris pada Kamis (16/01/2020) lalu, dengan mengangkat cerita rakyat ‘Malin Kundang’. Keseluruhan pemain dan kru yang mementaskan drama ini adalah mahasiswa yang memilih peminatan Sastra Inggris yang tergabung dalam komunitas Dickens Squad.

Dibawah bimbingan dosen pengampu mata kuliah English Drama Appreciation, Haryati Sulistyorini, M.Hum, para mahasiswa ini akan diasah kemampuan  speaking, culturepreneurship dan pronounciations skill-nya. Menurutnya mengangkat cerita local sebagai sarana meningkatkan kearifan lokal dan pariwisata melalui karya sastra yang diperformkan

“Pementasan drama berbahasa Inggris ini merupakan project ke-6 yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh program studi Sastra Inggris FIB Udinus. Konsistensi ini memang terus kami jaga, agar output dari pembelajaran berbasis project ini dapat tercapai, yaitu memberikan bekal kemampuan mahasiswa dalam bidang seni khususnya seni pertunjukan drama,” tutur Haryati.

 Cerita Malin Kundang diadaptasi berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu. Malin Kundang diperankan oleh Naufal Abid sedangkan Mande Rubaya diperankan oleh Yustina Pradanuri, yang didukung oleh mahasiswa Sastra Inggris lainnya

Pagelaran drama berbahasa Inggris ini diselengagrakan di Gedung E lantai 3, yang  mempertunjukkan drama Malin Kundang dikemas dalam versi modern. “Pagelaran Drama Malin Kundang ini dibalut dengan keseluruhan dialog berbahasa Inggris, berdurasi kurang lebih 90 menit, melibatkan sekitar puluhan mahasiswa,” papar Naufal. (*Humas Udinus. Foto : Dok. FIB)