Komunitas catur Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan kompetisi catur tingkat Jawa Tengah. Acara yang diadakan di perpustakaan Udinus ini diikuti kurang lebih 60 peserta yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan universitas Se-Jawa Tengah.

 

Peserta dalam lomba Bertajuk Chess Competition, terbagi menjadi dua kategori yaitu catur cepat dan catur kilat, yang diselenggarakan pada 20-21 Januari 2020. Permainan catur cepat yaitu pertandingan yang dilakukan dengan waktu dibawah 60 menit atau tiap lngkahnya peserta memerlukan waktu 10 detik. Sedangkan, permainan catur kilat yaitu pertandingan yang dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 10 menit atau dalam setiap langkahnya peserta memerlukan waktu dua detik untuk melangkah. Masing-masing pertandingan berlangsung dalam lima ronde dan akan diambil tiga pemenang terbaik dari setiap ronde yang dilewati. Kegiatan yang langsung diawasi oleh seorang wasit dari Persatuan Catur Indonesia (PERCASI).

 

Gilang Novriatama, selaku Kepala Pelaksana kegiatan, mengatakan tujuan diadakan kompetisi catur adalah untuk mencari atlet catur berbakat serta mempromosikan Udinus. "Komunitas catur Udinus terbilang masih baru dan sedang berjuang agar bisa lebih membanggakan kampus, semoga kompetisi ini dapat mempromosikan udinus agar lebih dikenal," ujar Gilang saat dimintai keterangan tentang pelaksana acara Chess Competition.

 

Sementara itu, peserta yang berasal dari SMA Mardisiswa Semarang, Yoga, mengaku sangat senang dan antusias mengikuti chess competition 2020 ini. " Acaranya sangat seru dan menyenangkan," tuturnya.
Kompetisi catur ini merupakan satu diantara kejuaraan di Dinusfest 2020 yang diselenggarakan pada 18-26 Januari 2020. Dinusfest 2020 menjadi even tahunan Udinus yang menggelar puluhan lomba dan memikat ribuan siswa maupun mahasiswa dari seluruh Indonesia. (*Humas Udinus/Nabila WDN. Foto : Entisor WDN)