PRAMUKA MILENIAL DI DINUSFEST 2020


PRAMUKA MILENIAL DI DINUSFEST 2020

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali hadir dalam ajang Dinusfest 2020. Dinus Rover Scout Competition 2020 merupakan lomba yang ditujukan untuk seluruh pramuka penegak tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah di pelataran parkir Udinus (Rabu/22/01/19).

 

Dengan menyongsong tema ‘Pramuka Milenial Cerdas, Kreatif dan Berbudaya’, kompetisi ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi pramuka-pramuka penegak yang ada di Jawa Tengah. Serta untuk menyalurkan pengetahuan dan kemampuan kepramukaan yang mereka dapatkan di pangkalan masing-masing. Dinus Rover Scout Competition ini diikuti oleh 16 tim dari SMA/SMK dan terdapat sekitar 128 peserta. Jenis perlombaan yang dilombakan ada lomba pionering, semboyan (semaphore dan morse), dan desain maskot.

 

Ketua pelaksana lomba, Laurentius Farrel Julian menjelaskan bahwa, dalam lomba tahun ini, pada ajang pioneering, mengambil tema lomba bangunan nusantara. Dimana setiap tim membuat bangunan menggunakan tali dan tongkat sesuai dengan bangunan yang dipilih oleh para peserta. Setiap ajang memiliki waktu yang berbeda-beda, seperti pada ajang pioneering setiap tim diberikan durasi waktu pembuatan sekitar 90 menit. Sedangkan, desain maskot diberikan waktu sekitar 2 setengah jam. 

 

“Melalui tema bangunan nusantara ini kami ingin mengajarkan para siswa untuk mencintai budaya milik Indonesia. Karena didalam bangunan-bangunan di nusantara seperti di Jawa Tengah yakni rumah Joglo punya unsur budaya dan nilai yang terkandung didalamnya. Ini bisa menjadi pelajaran untuk mereka melalui pionering,” ujar Farrel

Aspek yang dinilai dari desain maskot terdiri dari keaslian karya, pengaplikasian logo dari berbagai media, relevansi dan estetika logo. Selain itu, ketepatan, kecepatan, kerapian, kekompakan juga dinilai untuk lomba pionering dan bersemboyan.

 

“Perlombaan semakin ketat persaingannya karena masing-masing pangkalan sudah mempersiapkan dengan matang dan berlatih. Jadi semakin seru dan menyenangkan” ujar Isma Saputri dari pangkalan SMK Abdul Rasyad Kendal. Hadiah yang diperebutkan berupa piala juara umum, dan piala kejuaraan, sertifikat, dan voucher potongan daftar Udinus untuk masing masing perlombaan. Selain itu untuk peserta yang memenangkan lomba maskot, hasil karyanya akan dijadikan sebagai maskot untuk acara Rover Scout Competition di Dinusfest tahun depan. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-101)