Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendapat kunjungan dari SMK Ma'arif Nahdlatul Ulama Ciamis, Selasa (28/01/2020). Delegasi tersebut melakukan kunjungan di Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus yang telah menyandang akreditasi A dan memiliki mahasiswa yang berkualitas.

 

Rombongan dari SMK Ma'arif NU Ciamis berbincang langsung dengan para dosen FIK di ruang rapat gsdung H lantau 1 Udinus. Udinus diwakili oleh Affandy M.Kom, Ph.D selaku Wakil Dekan FIK, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom selaku Kaprogdi D4 Animasi, dan Khamadi M.Ds selaku Sekretaris prodi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV).  Dalam kunjungan tersebut dibahas berbagai hal terkait fasilitas dan kualitas pengajaran yang ada di FIK Udinus.

 

Wakil Dekan FIK Udinus, Affandy M.Kom, Ph.D  menyampaikan bahwa Udinus sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berbagi ilmu maupun akan menimba ilmu di Udinus. Ia menerangkan bahwa berkuliah di Udinus tidak hanya menitikberatkan kepada teori semata. “Praktik juga menjadi fokus kami, dan yang menghasilkan prestasi juga sangat diapresiasi. Bahkan beberapa mahasiswa Udinus berkuliah dengan dana yang sepenuhnya ditanggung kampus,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait kunjungan tersebut.

 

Seperti diketahui, Udinus sendiri telah menyandang akreditasi A dan menjadi rujukan bagi siswa SMA/SMK sederajat untuk menuntut ilmu di Udinus. Dalam kesempatan itu juga, Khamadi juga memberikan beberapa contoh nyata mahasiswa lulusan Udinus yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. "Saya adalah contoh nyata bahwa berkuliah di Udinus itu bisa gratis, dengan mendapatkan beberapa beasiswa dan juga meraih prestasi tentunya. Saya harap adik-adik dari SMK Ma'arif NU Ciamis juga bisa termotivasi setelah diberikan gambaran nyata," imbuhnya.

 

Para murid dari Ma'arif juga diarahkan untuk langsung melihat studio animasi dan fotografi. Mereka dapat melihat secara langsung peralatan dan fasilitas apa saja yang disediakan oleh Udinus.

Sementara itu, tanggapan positif datang dari jajaran SMK Ma'arif NU Ciamis, yang diwakili oleh Yudi Riyadi selaku staf pengajar. Pihaknya mengungkapkan rasa bangganya dapat melakukan studi banding di Udinus, ia berharap dengan studi banding tersebut dapat meningkatkan wawasan murid tentang fasilitas IT yang diberikan oleh Udinus. “Kami memang sekolah berbasis pesantren, namun dengan seiring perkembangan zaman, harus terus menjawab tantangan dan mempelajari teknologi yang inovatif. Salah satu caranya dengan melakukan kunjungan ke Udinus. Siswa kami kagum dengan studio animasi dan fotografi ” ungkapnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Haris Rizky)