PERKUAT KOMPETENSI LULUSAN, FAKULTAS KESEHATAN ADAKAN PRAKTIK LAPANGAN


PERKUAT KOMPETENSI LULUSAN, FAKULTAS KESEHATAN ADAKAN PRAKTIK LAPANGAN

Pada bulan Januari - Februari 2020, sebanyak 391 mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan melaksanakan praktik lapangan di beberapa institusi di kota Semarang serta Jawa Tengah.

 

Sebelum mahasiswa terjun untuk melaksanakan kegiatan tersebut, pada Jumat (31/01/2020) lalu Fakultas Kesehatan Udinus mengundang institusi terkait untuk menyamakan persepsi terkait alur kegiatan dan output yang dihasilkan. Adapun institusi yang diajak bekerjasama antara lain Gs Battery, PT. MAP, Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Kantor Kesehatan Pelabuhan, beberapa rumah sakit dan Puskesmas di Kota Semarang.

 

Sesuai syarat mutlak untuk penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di institusi luar kampus, Fakultas Kesehatan Udinus telah melakukan perjanjian kerja sama dengan masing-masing institusi terkait. Hal ini selain memberikan manfaat untuk mahasiswa, juga bagi para dosen pembimbing Fakultas Kesehatan dalam melakukan pengabdian masyarakat yangharus dipenuhi setiap semesternya.

 

391 mahasiswa tersebut terdiri dari 138 mahasiswa semester 8 program studi S1 Kesehatan Masyarakat dan 23 mahasiswa S1 Kesehatan Lingkungan yang dijadwalkan melaksanakan praktik lapangan pada institusi baik perusahaan ataupun institusi pemerintah. Sedangkan, 230 mahasiswa semester 6 Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) melaksanakan praktik klinik di rumah sakit sekitar Semarang dan Jawa Tengah.

 

Dekan Fakultas Kesehatan Udinus Dr Guruh Fajar Shidik, M.Cs menjelaskan tujuan dari kegiatan praktik klinik dan institusi ini adalah untuk menerapkan teori yang sudah didapatkan selama proses perkuliahan. “Dengan menerapkannya pada kasus yang nyata di tempat mereka melaksanakan praktik lapangan, tentunya akan memberikan bekal mahasiswa dan menambah kompetensi saat terjun ke dunia industri,” jelas Guruh.

 

Kegiatan praktik lapangan ini akan berlangsung sekitar 3-4 minggu. Dilaksanakan tepat setelah mereka menjalani ujian akhir semester gasal dengan harapan agar tidak mengganggu waktu perkuliahan semester genap 2019/2020, sehingga mahasiswa dapat lulus tepat pada waktunya. (*Humas Udinus. Foto : Dok. Fkes)

 

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-104)