Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gabungkan 4 budaya yang berbeda, dalam acara ‘Cross Cultural Party’ di halaman gedung G lantai 1 Udinus, Sabtu (7/3/2020) lalu.

 

Kegiatan tahunan ini merupakan paduan unsur kebudayaan dari empat negara, yaitu Indonesia, Inggris, Jepang dan juga Korea. Dalam kegiatan ini ketiga program studi (progdi) yang ada di FIB Udinus bersama-sama memadukan budaya mereka. Antara lain, progdi Sastra Inggris, Sastra Jepang dan yang masih baru ada Manajemen Perhotelan. Pentas dan pertunjukan dari masing-masing negara yang ditampilkan dua diantaranya yakni E-Gamelan yang sudah mendunia dan juga Soran Bushi dari progdi Sastra Jepang.

 

Rr Anitasya Wisnu Wardani, ketua pelaksana Cross Cultural Party mengatakan, selain menampilkan pertunjukan dari 4 negara, digelar pula berbagai perlombaan yang diikuti oleh kalangan umum. Tiga lomba tersebut diantaranya band competition, sing cover dan juga dance cover. “Untuk tahun ini kami mengundang guest star ‘Coming Soon’ dari Bandung dan juga ‘Amaranta’.  Selain itu penampilan dari tiap peserta perlombaan akan menggambarkan berbagai budaya,” ungkapnya.

 

Puluhan stand kuliner unik dari berbagai negara juga ramai diserbu pengunjung yang notabene mahasiswa dan juga pelajar di Kota Semarang. Meski Cross Cultural Party menunjukkan budaya yang berbeda di setiap negara, mahasiswa tetap dituntut untuk tidak melupakan kebudayaan Indonesia yang merupakan tanah kelahiran mereka.

 

Cross Cultural Party dibuka oleh Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum selaku Dekan FIB Udinus yang turut mengucapkan terima kasihnya. Kegiatan tersebut memberikan wadah bagi para mahasiswa FIB untuk memperkenalkan budaya lokal dan international. “Semoga tiap tahun akan terus bertambah variasi budaya yang diberikan, sehingga wawasan yang didapat juga menjadi semakin luas,” tegasnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto : Haris Rizky)