KULIAH DARING LANGKAH UDINUS KURANGI DAMPAK COVID-19


KULIAH DARING LANGKAH UDINUS KURANGI DAMPAK COVID-19

Pandemi Covid-19 mampu merubah dunia dari berbagai sektor, Indonesia pun juga terkena dampaknya. Sektor pendidikan juga terkena dampaknya, khususnya dalam sistem pengajarannya yang diubah melalui sistem daring. Universitas Dian Nuswantoro Semarang telah menerapkan kuliah daring bagi seluruh mahasiswa untuk meminimalisasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Para mahasiswa pun memberikan pendapatnya mengenai sistem tersebut.

 

Perkuliahan daring di Udinus sesuai edaran Rektor Udinus No.020/B.21/UDN-01/III/2020 dimulai sejak 15 Maret 2020. Perkuliahan daring melibatkan berbagai media pembelajaran yang dimiliki oleh Udinus satu diantaranya yakni TVKU. Sistem perkuliahan daring menerapkan teknologi dalam pemberian materi perkuliahan kepada para mahasiswa.

 

Mahasiswi dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus (FEB), Try Novri Purba memberikan pendapatnya terkait kuliah daring di Udinus. Ia menuturkan perkuliahan daring ia rasa lebih efisien dikarenakan memiliki banyak waktu untuk membagi dengan pekerjaan lainnya. Waktu bersama keluargapun terasa lebih banyak saat menjalani perkualiahan daring. “Kuliah daring menurut saya membuat lebih fokus belajar, karena tidak banyak obrolan bersama teman yang mengganggu konsentrasi,” jelasnya saat memberikan tangagpannya mengenai kuliah daring di Udinus.

 

Pendapat berbeda diberikan oleh mahasiswa program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Admadi Murti Wikana yang merasa kurang cocok dengan sistem perkuliahan daring namun ia memahami dengan situasi yang ada sekarang ini. Menurutnya perkuliahan daring menjadi alternatif yang terbaik untuk mengurangi penyebaran covid-19 Di Indonesia. “Mungkin dosen bisa berinovasi dengan membuat video yang bisa diputar berulang-ulang oleh para mahasiswa dan jika masih belum paham mahasiswa bisa menanyakan melalui grup. Setelah pemberian video, pembelajaran dosen bisa memberikan berbagai pertanyaan sebagai tugas mahasiswa. Itu jauh lebih baik dibandingkan hanya diberikan materi berbentuk slide powerpoint dan kemudian tugas,” tutupnya.  

 

Pada sistem perkuliahan daring yang diterapkan oleh Udinus, para mahasiswa tetap diminta untuk berada di rumah dan menghindari keramaian, serta tidak memanfaatkan perkuliahan daring ini untuk berwisata. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Nining Sekar)

 

 

Foto : Ilustrasi Kuliah Daring melalui TVKU


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)