REKTOR UDINUS BERIKAN STRATEGI BERBISNIS KEPADA CALON WIRAUSAHAWAN MUDA INDONESIA


REKTOR UDINUS BERIKAN STRATEGI BERBISNIS KEPADA CALON WIRAUSAHAWAN MUDA INDONESIA

Webinar bincang tokoh inspiratif Technopreneur yang diselenggarakan oleh Career Center Universitas Dian Nuswantoro Semarang, hadirkan pembicara sekaligus Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Dalam webinar tersebut Rektor Udinus memberikan berbagai trik dan tips mengenai strategi dalam berbisnis.

 

Acara yang dilangsungkan secara online di aplikasi Zoom dan Youtube diikuti sekitar 534 peserta. Peserta tersebut berasal dari Kota Semarang, Depok bahkan terdapat peserta yang sekaligus alumni Udinus yang berasal dari India. Bincang tokoh inspiratif yang digagas oleh Career Center Udinus, mengambil tema ‘Strategi Meraih Keunggulan Bersaing’. Sekitar kurang lebih 2 jam, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom yang menjadi pembicara tunggal dalam kegiatan tersebut, memaparkan berbagai langkah untuk memulai usaha. Ia juga menceritakan berbagai pengalamannya dalam membangun Udinus, dimana sebelumnya bernama Lembaga Kursus Komputer IMKA.

 

Dalam paparannya, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom menegaskan dalam memulai usaha harus memiliki strategi agar institusi atau perusahaan dapat terus berkembang. Strategi mulai dari cara memperoleh kepercayaan konsumen hingga mampu mengungguli produk lainnya. Menurutnya, usaha juga harus memiliki sesuatu yang berbeda daripada produk lainnya. Hal itu akan mampu dilirik oleh pasar atau masyarakat. Tuturnya, dalam masa pandemi seperti sekarang ini, pengusaha muda  harus mampu berfikir kreatif dan melihat peluang. “Dengan memiliki sesuatu yang berbeda dan tentunya memiliki keunikan dapat menciptakan sebuah peluang. Ini yang harus dilakukan oleh para mahasiswa atau wirausahawan muda di Indonesia. Pada masa pandemi covid-19, agar usaha tetap berjalan, harus mampu memanfaatkan platform digital yang ada, satu diantaranya instagram,” Tegas dia saat memberikan paparannya mengenai strategi dalam berwirausaha.

 

Ia juga menceritakan perjuangannya mendirikan Universitas dian nuswantoro semarang yang diawali dengan pendirian lembaga pendidikan komputer IMKA yang dahulunya berada di jalan singosari raya. Dalam segi marketing yang dilakukan oleh lembaga pendidikan komputer IMKA, ia berusaha untuk memberikan bantuan kepada pemerintah berupa pelatihan hingga ilmu terkait dunia IT. Dalam usahanya mengembangkan  pendidikan di masyarakat di Kota Semarang kala itu,  ia juga memberikan berbagai seminar tentang dunia IT.

 

“Ketika Udinus masih berbentuk lembaga pendidikan komputer IMKA, kami sempat memberikan berbagai pelatihan. Hingga dahulu sempat memberikan seminar mengenai kejahatan di dunia komputer. Banyak yang ikut dan mengapresiasi terkait hal itu,” ungkap Edi saat bercerita mengenai pengalamannya membangun Udinus.

 

Webinar yang dilakukan oleh Career Center Udinus telah dilakukan selama tiga kali, yang sebelumnya membahas mengenai persiapan karir bagi calon lulusan Udinus. Webinar pertama mengupas mengenai potensi diri pada 5 Mei 2020. Sedangkan, webinar kedua membahas mengenai personal branding yang dilakukan pada 12 Mei 2020.

 

Sementara itu, Kepala Layanan Karir dan Alumni Udinus, Andik Setyono S.Kom, M.Kom, Ph.D menjelaskan tujuan webinar bincang tokoh insipratif technopreneur ini sebagai langkah memfasilitasi mahasiswa, alumni Udinus dan masyarakat umum untuk belajar dan mendapatkan informasi dari tokoh inspiratif. Melalui acara tersebut, Udinus diharapkan mampu untuk meningkatkan jumlah wirausahawan muda di Indonesia. “Dengan seminar online ini, kami ingin para peserta mendapatkan tips maupun trik untuk membangun usahanya lebih baik lagi. Pengalaman-pengalaman dari tokoh yang kami hadirkan dapat juga menjadi inspirasi bagi para peserta yang setia menonton webinar ini,” jelasnya. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)

 

 

 

    


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)