WEBINAR FIK UDINUS BERIKAN TIPS SUKSES BELAJAR PEMOGRAMAN


WEBINAR FIK UDINUS BERIKAN TIPS SUKSES BELAJAR PEMOGRAMAN

Berkecimpung di dunia pemrograman bukanlah hal yang gampang namun juga bukan perkara yang sulit jika serius dalam mendalaminya. Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro Semarang memberikan tips sukses belajar pemrograman melalui seminar web online melalui google meet.

 

Kepala UPT Data dan Informasi Udinus sekaligus pembina Dinus Open Source Community (DOSCOM), Fahri Firdausillah M.Cs mengatakan kunci kesuksesan dalam belajar dan mampu menguasai dunia pemograman yakni niat yang teguh untuk menguasainya. Menurutnya tanpa adanya niat yang kuat belajar pemograman akan menjadi sulit.  “Belajar pemograman diawali dari hal yang dasar namun jangan instan untuk menguasainya. Saya sarankan untuk menguasai satu bahasa pemograman hingga mahir, kemudian belajar bahasa lainnya. Fokus terhadap satu atau dua kategori tertentu seperti contoh kategori programmer web,” katanya saat menjadi pengisi pada webinar tersebut.

 

Modal utama calon programmer menjadi developer maupun programmer handal yakni harus sering berlatih dan terus berlatih. Setelah itu, perlu menyiapkan proyeksi jangka pendek dengan membuat proyek aplikasi sederhana. Tak hanya itu saja, programmer harus menganggap pesan error dalam bahasa pemograman menjadi sebuah kawan. “Programmer dalam pekerjaannya menyusun program, sekitar 40 hingga 50 persen akan menyelesaikan pesan error yang akan keluar dalam proses pembuatan program. Bahkan jika pesan error tersebut tidak keluar saat proses pembuatan, para programmer akan mencarinya dengan cara mengotak-atik script coding,” ungkapnya.

 

Setelah skill yang dimiliki oleh calon programmer dirasa cukup dan sudah melakukan berbagai project kecil, ia menyarankan agar memulai melakukan project sebenarnya seperti menyelesaikan permasalahan pemograman di perusahaan tertentu. “Dengan mengikuti latihan magang di perusahaan akan membantu dalam melatih kemampuan diri. Karena menurut saya permasalahan di dalam project pemograman di perusahaan cukup beragam tidak seperti saat latihan dasar pemogramman,” jelasnya.

 

Webinar yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komputer Udinus diikuti oleh ratusan peserta dari mulai mahasiswa hingga masyarakat umum. Antusiasme peserta webinar yang memiliki tema ‘tips sukses belajar pemrograman’, terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kolom chat Google meet. Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Erwin Yudi Hidayat, M.Cs yang juga dosen Fakultas Ilmu Komputer Udinus. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)