Dengan adanya pandemi Covid-19, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan penyesuaian pada kegiatan matrikulasi untuk mahasiswa baru 2020/2021. Penyesuaian yang dilakukan oleh kampus yang sudah terakreditasi A tersebut, dengan mengadakan kegiatan matrikulasi secara online dengan nama ‘Hello Campus’.

 

Kegiatan matrikulasi merupakan pengenalan seputar Udinus, dimana kegiatan tersebut kini dilakukan secara daring. Hal itu bertujuan untuk mengurangi dampak Covid-19 dan mengikuti anjuran pemerintah mengenai pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adapun platform yang digunakan oleh Udinus untuk Pembelajaran Jarak Jauh yakni Kulino yang merupakan situs edukasi milik Udinus. Selain itu, juga melalui Channel  Youtube TVKU yang merupakan Televisi Kampus Udinus.

 

Kulino Sendiri Kulino sendiri merupakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle untuk menunjang perkuliahan online di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Dalam penerapannya, peserta Hello Campus akan dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu kelompok I, II, III dan IV. Tiap kelompok besar akan dimaksimalkan lagi dengan dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 40 mahasiswa. Mereka dapat berdiskusi menggunakan fitur diskusi pada forum Kulino. Untuk info lebih detail seputar pembagian kelompok dapat diakses melalui tautan https://dinus.org/matrikulasi.

 

Adapun beberapa catatan penting yang dapat dilihat dalam tautan tersebut. Seperti mahasiswa baru wajib mengaktifkan email Dinus serta Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Siadin) untuk mendapatkan akses pada Kulino. Selanjutnya mahasiswa baru Udinus melakukan instalasi aplikasi zoom juga diperlukan untuk dapat mengikuti perkuliahan umum. Mahasiswa baru Udinus juga dimohon untuk terus memantau halaman informasi matrikulasi pada link https://dinus.org/matrikulasi untuk mengetahui perubahan jadwal dan informasi terbaru lainnya. (*Humas Udinus/Haris Rizky)