Program studi (Prodi) Broadcasting D-3 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan webinar tentang peluang profesi yang dimiliki lulusan broadcasting di era milenial. Peluang profesi D-3 pun banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun pemerintahan.

 

Acara yang betemakan "Kepoin! Profesi Keren ASN Milenials" ini berlangsung secara daring menghadirkan dosen prodi Broadcasting D-3 Dr. Agus Triyono, M.Si dan Staff Liputan Kementerian Sekretariat Negara Waluyo Sutomo, A.Md yang merupakan alumni dari Broadcasting D3 Udinus sebagai narasumber. Para peserta yang hadir dari kalangan mahasiswa dan pelajar SMA maupun SMK di Indonesia. Dalam paparannya, Dr. Agus Triyono mengatakan perkembangan teknologi menjadikan lulusan broadcasting semakin dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan. Menurutnya prodi Broadcasting D-3 menjadi sebuah pion di masa kini, sebab perkembangan teknologi yang semakin pesat membuka peluang besar bagi lulusan progdi tersebut.

 

Selain itu juga prodi Broadcasting D-3 Udinus juga berorientasi pada banyak hal dan aspek yang dapat dihasilkan seperti informasi, penyiaran, peliputan dan lainnya. Lulusan prodi Broadcasting D-3 Udinus tidak hanya bekerja pada perusahan yang berorientasi di bidang kreatif, namun juga dibutuhkan pada pemerintahan. “Udinus mampu membentuk lulusan yang berkualitas dengan aspek-aspek yang dibutuhkan ketika mereka berada di dunia kerja nantinya. Lulusan broadcasting saat ini sangat dibutuhkan dan dicari oleh pelaku-pelaku perusahaan. Tapi juga tidak hanya itu, pemerintahan juga membutuhkan lulusan broadcasting yang dapat menunjang kemajuan teknologi pada pemerintahan ini,” tegas Agus.

 

Sementara itu, Staff Liputan Kementerian Sekretariat Negara Waluyo Sutomo, A.Md, mengungkapkan dunia Broadcasting menjadi salah satu bidang yang sangat berpengaruh bagi pemerintah. Dalam membuat video champaign, video promosi dan lain sebagainya, semua memerlukan tenaga dari lulusan broadcast. “Jadi tidak menutup kemungkinan lulusan broadcast untuk menjadi PNS," tutur Waluyo Sutomo saat menyampaikan materi.

 

Udinus selalu berupaya membentuk lulusan yang berkualitas dan siap memasuki dunia kerja dengan memberikan berbagai aspek pembelajaran, seperti menyediakan kebutuhan laboratorium dan alat bagi mahasiswa mempraktikkan langsung ilmu yang telah didapat. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto : Nuvia KHN)