Universitas Dian Nuswantoro Semarang menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah berdasarkan lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics pada 2020.

Dalam sistem pemeringkatan yang dilakukan, Webometrics menggunakan empat indikator penilaian, yakni Presence, Visibility, Tranparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar). Komponen Presence dinilai dari jumlah halaman domain web utama sebuah institusi dengan bobot 5 persen.

Lalu komponen Visibility dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi dengan alokasi pembobotan sebesar 50 persen. Yang ketiga, komponen Tranparency (or Openness) dinilai dari berapa banyak kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10 persen. Dan terakhir adalah komponen Excellence dinilai dari jumlah makalah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun.

Dalam hasil penilaian Webometrics edisi Juli 2020, Udinus pada skala regional menjadi universitas terbaik di Jawa Tengah. Sedangkan, pada skala nasional menduduki peringkat 32. Sementara itu, pada skala internasional Udinus mengalami peningkatan yang cukup tajam dan berada di peringkat 3215.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Edi Noersasongko, M.Kom mengaku bangga dengan prestasi yang terus ditorehkan oleh Udinus. Menurutnya, penilaian tersebut yang dilakukan oleh webometrics akan menjadi pelecut untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran hingga kualitas penelitian di Udinus.

Peringkat tersebut juga membuktikan bahwa Udinus juga mampu bersaing menjadi kampus yang maju dengan terus memanfaatkan teknologi, serta memiliki posisi yang baik di level nasional maupun internasional.

“Hasil ini merupakan kerja keras bersama dari seluruh sivitas akademika Udinus. Selain itu juga Semakin mengukuhkan kedudukan Udinus sebagai kampus terbaik di Jateng dan PTS terbaik ke-8 se-Indonesia versi webometric. Ini bukti bahwa kami sangat komit mengembangkan dunia pendidikan yang berkualitas,” papar Edi.

Webometrics sendiri merupakan inisiatif mempromosikan dan membuka publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan dibuat berdasar data dari situs web perguruan tinggi. Seluruh perguruan tinggi di dunia tercantum dalam pemeringkatan tersebut.(*Humas Udinus/Alex.)