Progress Report Disertasi secara rutin dilakukan oleh Mahasiswa Program Doktor Ilmu Komputer (PDIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Hal itu dilakukan demi membiasakan mahasiswanya untuk melakukan presentasi, menyampaikan gagasan serta ide dan juga menjawab pertanyaan dari para penguji secara ilmiah.

 

 

 

Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, Purwanto, S.Si, M.Kom, Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan rutin tersebut wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa PDIK semester tiga ke atas. Nantinya mereka akan melaporkan dan mempresentasikan secara langsung dihadapan para penguji maupun supervisor, tentang hasil dari kegiatan disertasi yang sudah dilakukan. “Dalam kegiatan ini penguji dan juga supervisor serta co-supervisor dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa, memberikan masukan tentang riset disertasi sekaligus memberikan koreksi apabila terdapat kesalahan,” jelasnya.

 

 

 

Kegiatan ini juga diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas riset disertasi dan mahasiswa S3 PDIK Udinus mampu lulus tepat waktu. PDIK Udinus telah memberikan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mahasiswanya. “Di Udinus kami memiliki fasilitas yang dapat menunjang riset disertasi mahasiswa seperti Laboratorium riset data mining dan komputer visio, koleksi bahan pustaka dan referensi berupa jurnal internasional, serta ruang seminar yang nyaman,” ungkap Purwanto.

 

 

 

Ia juga menjelaskan PDIK Udinus saat ini memiliki tiga konsentrasi yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Ketiga konsentrasi tersebut yakni riset disertasi yang inovatif dengan fokus pada Data Mining, Computer Vision, Software Engineering. “Tentunya itu semua sesuai dengan visi PDIK Udinus, menjadi program studi unggul dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis data mining, computer vision dan software engineering untuk dunia usaha dan industri,” tutupnya. (Humas/Haris. Foto: Dok. FIK)