FEB UDINUS ADAKAN KULIAH UMUM TENTANG DUNIA PENGAUDITAN


FEB UDINUS ADAKAN KULIAH UMUM TENTANG DUNIA PENGAUDITAN

Dalam rangka pemanfaatan teknologi di era digitalisasi, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan kuliah umum yang membahas mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang pengauditan.

Acara yang digelar secara daring pada Kamis, 15 Oktober 2020 tersebut diisi oleh tiga pembicara ahli dalam bidang audit. Tiga pembicara tersebut yaitu Prof. Dr. St. Dwiarso Utomo, S.E., M.Kom., Ak., CA sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan,  sekaligus Guru Besar Akuntansi FEB Udinus,  Hendri Santoso, S.E., M.Si., Ak., CA., CFrA dari Inspektur Provinsi Jawa Tengah, dan Jonas Subarka S.E., M.Ak., CPA dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Jonas Subarka.

 

Dalam paparannya, Prof. Dr. St. Dwiarso Utomo, S.E., M.Kom., Ak., CA mengatakan masyarakat Republik Indonesia harus mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang ada di revolusi 4.0. Dengan memanfaatkan hal itu, mampu memajukan berbagai aktivitas dan perekonomian di Indonesia. Tambahnya, saat ini sudah banyak E-Commerce dan masyarakat telah memanfaatkannya.

“Kita lihat saja E-commerce pada saat ini, ada aplikasi untuk bepergian dan memesan makanan, ada aplikasi belanja tanpa harus keluar rumah, semua ada dalam genggaman, tidak perlu repot keluar rumah,” tuturnya.

 

Jelasnya, persaingan bisnis dapat dimenangkan oleh siapapun yang dapat beradaptasi di dunia digital.  Ia mengungkapkan, meski kini bantuan perangkat lunak sangat membantu banyak dalam bidang audit, namun perangkat lunak tetap tidak dapat menggantikan posisi manusia sebagai auditor.  

“Masyarakat akan lebih mudah mendapat informasi secara online, inilah mengapa auditor berbasis TI sangat penting . Kita harus percaya bahwa profesi akuntan tidak akan tergantikan oleh robot, justru dapat berdampingan,” tutupnya

 

Sementara itu, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Hendri Santoso, S.E., M.Si., Ak., CA., CFrA membeberkan masih banyak yang harus dibenahi di bagian teknologi maupun sumber daya manusia disuatu instansi. Seperti sistem perangkat yang harus di update, hingga sumber daya manusianya sendiri yang harus melek teknologi.

Dalam pengauditan, terdapat juga alat yang membantu para auditor dalam bekerja, perangkat lunak tersebut yakni ‘Atlas’.  Atlas sendiri merupakan akronim dari Audit Tool and Linked Archieve System.

 

Peserta yang hadir dalam kegiatan kuliah umum mencapai ratusan peserta, tidak hanya dari mahasiswa FEB Udinus, tetapi juga dari universitas lain.  Kuliah umum yang diadakan oleh FEB Udinus memiliki tema ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengauditan’ dan disiarkan langsung melalui zoom dan live youtube TVKU. (Humas/Almira. Foto: Almira Felicia)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)