TFC UDINUS KAMPANYEKAN KAWASAN TANPA ROKOK DENGAN LOMBA POSTER


TFC UDINUS KAMPANYEKAN KAWASAN TANPA ROKOK DENGAN LOMBA POSTER

Tobacco Free Community (TFC) kembali meriahkan rangkaian acara perlombaan Dinus Fest 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) setiap tahunnya. Mengusung tema berbeda dari tahun sebelumnya, TFC kali ini mengusung konsep lomba poster Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

 

Perlombaan yang telah diselenggarakan mulai tanggal 20 Desember 2020 ini memiliki dua kategori, diantaranya kategori SMA/SMK/MA dan mahasiswa. Memasuki dua kali tahap penyisihan, tahap pertama diumumkan pada 6 Februari 2021 dengan menyisakan 16 peserta dari total 37 peserta, dan tahap penyisihan akhir pada 8 Februari 2021 menyisihkan 2 juara untuk masing-masing kategori.

 

Adapun aspek yang dinilai dalam perlombaan poster kali ini adalah orisinalitas, format poster, isi, dan kualitas poster. Menariknya, peserta tak hanya diwajibkan menggunakan aplikasi editing seperti Corel Draw maupun Adobe Photoshop, peserta turut diperkenankan untuk mengumpulkan hasil poster dengan karya tangan peserta sendiri.

 

Reza Candra selaku Ketua Biro TFC membeberkan tujuan dari diselenggarakannya lomba poster KTR. Menurut penuturannya, tema Kawasan Tanpa Rokok ini merupakan suatu bentuk upaya TFC untuk mendukung gerakan pemerintah dalam menegakkan peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok. “Selain inisiatif untuk mengingatkan KTR di wilayah yang belum menerapkan peraturan daerah terkait KTR, lomba ini juga bertujuan sebagai ajang kreativitas anak muda melalui desain poster yang menarik,” ungkap Reza.

 

Sementara itu, Nurjanah S.KM M.Kes selaku dosen dan juri dari lomba kali ini mengungkapkan rasa bangganya pada peserta. Menurutnya, ide peserta sangatlah inovatif. Hal tersebut terlihat dari konsep karya peserta, yang mengangkat dari segi kesehatan dan ekonomi. “Nantinya bisa dikolaborasikan untuk membuat poster iklan, antara anak kesehatan dengan teman-teman lain diluar sana agar nantinya selain bisa membuat poster juga mendapat ilmunya,” harapnya.

 

Juara dari lomba Poster KTR sendiri dari kategori mahasiswa dimenangkan oleh Nabilla Rifdah Nur Fauziyyah dari Universitas Jenderal Soedirman sebagai juara pertama, dan Elisabeth Audi Lewita Maharani dari Universitas Presiden sebagai juara kedua. Sementara untuk kategori SMA/Sederajat, juara pertama dimenangkan oleh Ardhan Zuan D dari SMKN 11 Semarang, dan juara kedua dimenangkan oleh Fiqi Izza F dari SMA N 1 Jepara. (*Humas Udinus/Almira. Foto : Almira Felicia)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)