MAHASISWA DAN DOSEN FEB UDINUS ANTUSIAS IKUTI KULIAH UMUM ETIKA BISNIS


MAHASISWA DAN DOSEN FEB UDINUS ANTUSIAS IKUTI KULIAH UMUM ETIKA BISNIS

Mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang tampak antusias mengikuti kuliah umum yang membahas mengenai etika bisnis pada Jumat, 26 Maret 2021.



Kuliah umum yang diadakan secara daring melalui aplikasi zoom mengusung tema ‘Etika Bisnis: Filosofi Dan Aplikasinya Pada Kurikulum FEB’ diikuti 100 peserta. Hadir sebagai dosen tamu untuk membawakan kuliah umum adalah dosen lulusan dari S-3 Leuven University, Belgia dan sekaligus dosen di Universitas De La Salle, Manado, Dr. Valentino Lumowa, SS., MA Dekan FEB Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA., Ph.D. juga turut hadir memberikan motivasi kepada para mahasiswa pada saat pembukaan kuliah umum tersebut.



Dalam materinya, Dr. Valentino Lumowa, SS., MA mengatakan bahwa etika bisnis itu menjadi hal terpenting yang harus ditanamkan kepada para mahasiswa. Serta sebagai ilmu pengantar bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja nantinya. Ia juga berpesan agar nantinya mahasiswa dapat menerapkan etika bisnis secara benar karena  dalam penerapan etika bisnis melibatkan banyak orang.


“Mahasiswa harus bisa berkaca dari kasus etika bisnis selama ini. Setiap keputusan etika bisnis harus membawa kebahagiaan bagi stakeholder dan diri sendiri sesuai teori eudemonisme. Ini bisa jadi ilmu yang sangat bermanfaat saat nanti mereka bekerja ataupun berwirausaha,” jelasnya.


 
Etika bisnis dalam pendidikan telah tertanam dalam kurikulum merdeka belajar yang diterapkan Indonesia saat ini. Pada kurikulum itu mahasiswa diajak  mengembangkan critical thinking. Hal itulah yang dapat meningkatkan wirausahawan muda yang kritis dan tentunya inovatif. Namun Valentino menyayangkan, penerapan etika bisnis di Indonesia sangatlah penuh tantangan. Sulitnya penerapan etika bisnis di Indonesia karena masih terdapat eksploitasi tenaga kerja.

“Saya melihat Udinus sebagai kampus wirausaha yang sudah menerapkan itu. Dan banyak melahirkan wirausahawan muda yang berbakat. Saya berharap mahasiswa Udinus bisa belajar dari kasus-kasus etika bisnis dan mampu menjadi agen perubahan nantinya,” imbuhnya.



Sementara itu, Dekan FEB Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA., Ph.D berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu mengenai etika bisnis yang dipaparkan oleh narasumber. Selain itu, etika dalam berbisnis juga dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha.

“Kami sering mengundang dosen luar untuk menjadi narasumber agar para mahasiswa mendapatkan ilmu yang baru. Selain itu, dosen di Udinus khususnya FEB dapat saling bertukar informasi mengenai dunia ekonomi,” harap Dekan FEB Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)