BIRO ANIMASI BAGIKAN ILMU SEPUTAR 3D ANIMASI PADA MURID SMK


BIRO ANIMASI BAGIKAN ILMU SEPUTAR 3D ANIMASI PADA MURID SMK

Animasi merupakan salah satu industri yang berkembang dengan pesat diikuti dengan peluang industri yang sangat menjanjikan. Kali ini Program Studi D4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bagikan pengalaman mereka pada siswa siswi SMK dalam serangkaian acara ‘Workshop Belajar Cepat Animasi 3D’.

 

Workshop yang berlangsung secara daring tersebut dikemas selama dua hari yaitu pada Jumat-Sabtu, 16-17 April 2021. Mengusung tema ‘Creating a Soul for Your Character’, kegiatan tersebut ditujukan bagi siswa siswi SMK yang memiliki ketertarikan di dunia animasi. Dengan tujuan peningkatan kemampuan diri dalam pembuatan animasi 3D yang menarik. Materi disampaikan secara praktik oleh dua mahasiswa Prodi D4 Animasi Udinus.

 

Materi pertama disampaikan oleh Muhamad Amir Khoirudin yang merupakan ketua umum Biro Animasi Udinus. Sedangkan materi selanjutnya disampaikan oleh Ari Husna Lutfika yang merupakan pengurus Biro Animasi Udinus.

 

Acara yang diikuti oleh kurang lebih 80 peserta dilaksanakan dengan platform zoom, juga dihadiri oleh Ketua Prodi (Kaprodi) D4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom., M.Kom., dan juga Koordinator Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati M.CS. Serta diikuti oleh dosen lain FIK Udinus

 

Praktik di hari pertama disampaikan oleh Amir mengenai ‘Modelling and Rigging’. Praktik tersebut ia lakukan dengan software blender yang menjadi perangkat gratis dan mudah digunakan. Membuat model dengan kerangkanya merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam pembuatan animasi, dengan menambahkan add-ons, pembuatan kerangka akan lebih mudah dan cepat.

“Ketika membuat sebuah karakter, kerangka perlu dibuat lebih dulu, tujuannya supaya model karakter yang akan dibuat bisa disesuaikan dengan lebih mudah. Sehingga pembuatan karakter akan lebih efektif dan efisien.” ungkapnya.

 

Setelah membuat model karakter, maka hari kedua melakukan praktik mengenai ‘Animate’ yang disampaikan oleh Ari. Ia menjelaskan bahwa untuk membuat gerakan yang diinginkan sesuai dengan karakternya. “Maka animator perlu memahami kerangka dari karakter model yang ingin di animasikan,” jelasnya.

 

“Dalam pembuatan animasi 3D karakter akan memiliki ruang dengan parameter sumbu xyz. Sumbu X menunjukan gerakan kanan kiri, Y untuk depan belakang dan Z untuk atas dan bawah,“ tambah Ari

 

Prodi D4 Animasi yang terakreditasi B tersebut merupakan salah satu prodi vokasi yang mana 70% pembelajaran diisi dengan praktik. Mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu seperti animasi 2D dan 3D, effect visual, stop motion, game animasi dan masih banyak lagi.

 

Sementara itu dalam sambutannya Kaprodi D4 Animasi Dr. Khafiizh menambahkan. Animasi merupakan salah satu sumber ekonomi kreatif yang telah dimanfaatkan di berbagai negara. Oleh karena itu D4 Animasi Udinus memiliki visi menjadi Prodi kelas dunia yang berintegritas dan mampu bersaing dengan pasar global. “Dengan terus meningkatnya pendaftaran animasi di Udinus ini, kami berharap melalui workshop ini bisa terus menghadirkan mahasiswa baru yang berkompeten,” harapnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)