Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A inginkan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dan mahasiswa di Indonesia menjadi pemimpin yang inovatif. Pesan tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber di kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Udinus. Sabtu, 29 Mei 2021.

 

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A yang akrab disapa Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa kepemimpinan itu merupakan sebuah style dari setiap manusia. Tren gaya kepemimpinan sekarang yakni pemimpin yang pintar berinovasi atau disebut dengan pemimpin yang inovatif. Ia pun meminta dalam webinar itu, agar para peserta yang sebagian besar diisi oleh generasi muda, agar mampu berfikir visioner.

 

“Generasi Indonesia sekarang harus berani mengambil kebijakan dan inovasi yang memajukan bangsa, jangan hanya suka yang aman-aman saja. Saya yakin mahasiswa Udinus mampu untuk terus berinovasi dan kreatif dan berharap Udinus akan terus maju,” tegas dia di webinar yang diikuti oleh ribuan peserta.

 

Tak hanya itu saja,Ia juga membeberkan jika menjadi seorang pemimpin juga harus mampu terbuka dan berani mendapatkan kritik dan tentunya gerak cepat. Ia mencontohkan dalam memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, ia  ia terus  bergerak cepat dan menggarap semua potensi yang ada. Hal itu ia lakukan agar pariwisata di Indonesia dapat cepat bangkit dari keterpurukan di pandemi ini. Ia juga membagikan 4 startegi agar mampu bertahan di pandemi ini, khususnya dalam memajukan pariwisata di Indonesia. 

 

“Banyak masyarakat Indonesia yang bergantung pada sektor ini. Adaptasi dan Kolaborasi menjadi dua kunci utama dari 4 strategi menghadapi di era pandemi ini.  Kita harus bisa bangkit dan tentunya mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan,” Ungkap Sandiaga saat menceritakan dirinya memimpin kemenparekraf pada saat ini.

 

Webinar yang diselenggarakan melalui zoom dan youtube, diikuti lebih dari 5000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar negeri.Dua diantaranya, di  Semarang dan di Kupang, selain itu, terdapat peserta dari luar negeri berasal dari Timor Leste dan Malaysia. Webinar kali ini mengusung tema, ‘Become a Powerful and Innovative Leader’ dan menjadi kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh organisasi BEM-KM Udinus. Selain Menparekraf Sandiaga Uno, terdapat dua pembicara lain, mereka yakni kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng, Prof. Dr. Ir. ,Muhammad Zainuri, DEA dan Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom.

 

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom berharap kepada para peserta agar mampu menyerap ilmu-ilmu yang diberikan oleh narasumber. Edi juga berujar bahwa Menparekraf, Sandiaga Uno merupakan figur kreatif bagi para mahasiswa dan juga selalu menjadi menjadi inspirasi mahasiswa Udinus dan mahasiswa lainnya.

 

“Saya percaya melalui webinar ini akan muncul figur-figur yang berkarakter dan mampu memberikan inovasi bagi bangsa Indonesia. Menjadi generasi muda, juara, dan kaya raya,” tutupnya.

 

Pada sela-sela webinar, Sandiaga Uno juga berinteraksi dengan para peserta. Ia juga membagikan buku dan souvenir lainnya kepada para peserta yang berhasil menjawab berbagai pertanyaan yang ia ajukan. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)