Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rotary Club dan IIEBM-Indus Business School India. Kerjasama tersebut menjadi satu langkah dalam meningkatkan mutu pendidikan ke kancah Internasional, yang ditandatangani pada Senin, 21 Juni 2021.

 

Proses penandatanganan dilakukan melalui platform zoom meeting, yang ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Udinus Bidang Kerjasama dan Riset, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom, Dr. Poonam Nikam dari IIEBM, Distric Governor Nomine (DGN) Lina Soeratman, Chair of NGSE Rotary Indonesia, dan PP Niraj Mehta, Chair NGSE Rotary India. Serta dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs, dan beberapa dosen FIK, mahasiswa Udinus dan IIEBM yang tengah mengikuti internship dalam program kerja sama tersebut.

 

DGN Lina, Chair of NGSE Rotary Indonesia menyampaikan apresiasinya terhadap kedua universitas yang memiliki komitmen dalam meningkatkan pendidikan serta wirausaha secara global. “Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Indonesia, mahasiswa diharuskan untuk memiliki pengalaman di lapangan. Udinus menjadi salah satu perguruan tinggi yang memberikan platform bagi mahasiswanya dalam mewujudkan program tersebut, salah satunya dengan kerjasama dengan IIEBM,” ujarnya.

 

Disamping itu, dalam sambutannya, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom menyebutkan kerjasama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa dan staff untuk melakukan riset penelitian antar kedua pihak, internship bagi mahasiswa, serta kerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan bertaraf internasional.

“Dengan kerjasama ini diharapkan mahasiswa dari masing-masing universitas mampu meningkatkan skill dan menggali potensi mereka dalam memberikan inovasi baik secara lokal maupun global,” paparnya.

 

Sejalan dengan pemaparan Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom, Dr. Poonam Nikam menyampaikan, saat ini mahasiswa menjadi generasi yang akan memberikan banyak perubahan bagi dunia. Sehingga pemahaman terhadap berbagai bidang perlu dilakukan, dengan kerjasama tersebut menjadi satu langkah bagi Udinus dan IIEBM dalam menciptakan kolaborasi profesional secara global.

 

Melalui kerjasama tersebut, saat ini telah terdapat 8 mahasiswa Udinus yang melakukan internship di beberapa perusahaan di India dan 14 mahasiswa IIEBM yang melakukan internship di TVKU Semarang.

Kerjasama tersebut diharapkan mampu mendorong mahasiswa dari kedua universitas agar mampu memberikan performanya dalam sektor pendidikan, teknologi hingga industri di kancah Internasional. (Humas Udinus/Nuvia. Foto: Humas Udinus)