UDINUS BAWA PULANG DUA JUARA DI AJANG KBMI 2021


UDINUS BAWA PULANG DUA JUARA DI AJANG KBMI 2021

Sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan ilmu kewirausahaan yang dipadu dengan teknologi. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil bawa pulang dua piala di rangkaian Program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021 yang diselenggarakan selama bulan November ini. 
 
Pada program itu Udinus membawa pulang dua piala yaitu Juara 2 KMI Award untuk sub kategori Teknologi dengan karya Ardusstore (Arduino IoT Medical Device). Sementara itu, piala kedua salah satu mahasiswa perwakilan Udinus mendapatkan Juara 3 Pameran dan Bazar untuk kategori online atau virtual expo.
 
KMI Expo menjadi ajang unjuk tingkatkan kreativitas mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan. Pada ajang itu mahasiswa berlomba untuk menampilkan stand pameran terbaik. Sedangkan KMI Award menjadi ajang yang diikuti oleh mahasiswa yang mendapatkan bantuan dana dari program KBMI 2021. Dalam ajang ini peserta saling berlomba untuk mempresentasikan perkembangan bisnisnya selama proses KBMI. 
 
Ketua tim Ardusstore, Usamah Bienladen merasa bangga atas capaiannya dalam ajang bertaraf nasional tersebut. Ia menjelaskan usaha yang timnya perlombakan, yakni bergerak di bidang teknologi custom project arduino. Dengan mengusung konsep Arduino IoT Medical Device, mampu menciptakan produk De’Covid 
 
“Produk kami merupakan detector dini covid-19 berbasis nilai saturasi oksigen dalam darah, kami mengombinasikan teknologi mikrokontroler berbasis IoT dengan sensor medical yang terkoneksi dengan aplikasi android,” jelasnya. 
 
Menanggapi capaian itu, Dr. Nila Tristiarini SE, MSi, CSRA., selaku Kepala UPT Kewirausahaan dan UMKM Udinus mengatakan bahwa sebelumnya seluruh peserta telah mengikuti beberapa tahapan. Seperti sosialisasi, workshop, seleksi, pemberian dana, dan penilaian progress usaha. Pihaknya juga terus memberikan dukungan penuh kepada seluruh mahasiswa Udinus yang turut berpartisipasi. 
 
“Tahun ini kami mengirimkan 9 tim mahasiswa Udinus yang lolos didanai KBMI dan 7 tim berhasil lolos untuk mengikuti KMI Expo XII 2021. Pencapaian seperti ini akan terus kami tingkatkan agar mendapat raihan yang lebih pada ajang selanjutnya,” ungkapnya. 
 
Program KBMI sendiri menitikberatkan pada orientasi ide, proses dan hasil usaha. Pada proses tahapan KBMI  tahun 2021  memiliki banyak tahapan, dua di antaranya meliputi  dan pendampingan usaha.  Program KBMI ditutup dengan kegiatan KMI Expo. Dalam kegiatan KMI Expo ini banyak kompetisi yang harus diikuti, terdapat kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Udinus dalam kegiatan ini hanya mengikuti Kompetisi Utama yaitu KMI Award dan KMI Expo online maupun offline. 
 
Dalam ajang KMI Award diikuti 125 Perguruan Tinggi, KMI Expo Offline diikuti 83 Perguruan Tinggi  dan KMI Expo Online 79 Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi yang berpartisipasi merupakan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. (Humas Udinus/Haris. Foto : Dok. UPT Kewirausahaan)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)