UDINUS JADI TUAN RUMAH JLPT, FASILITASI 1553 PESERTA DARI BERBAGAI KOTA


UDINUS JADI TUAN RUMAH JLPT, FASILITASI 1553 PESERTA DARI BERBAGAI KOTA

Mampu berikan fasilitas ruangan dan audio sentral untuk ribuan peserta, Program Studi (Prodi) S-1 Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan Japanese Language Proficiency Test (JLPT).
 
Prodi dengan akreditasi A tersebut yang tergabung dalam Committee of JLPT of Central Java sukses fasilitasi 1553 peserta tes dari Jateng. Menjadi satu-satunya perwakilan di Indonesia yang sanggup memberikan fasilitas terbanyak yang berlokasi langsung di kampus. Sebanyak 69 ruang kelas di gedung C, D, G, dan H digunakan untuk tes yang terbagi menjadi tiga sesi. 
 
Tes terbagi menjadi lima level yakni N5 sampai N1, yang diikuti oleh siswa SMA/K, mahasiswa dan juga pekerja. JLPT juga diselenggarakan serentak di seluruh dunia pada, Minggu, 3 Juni 2022. 
 
Ketua Panitia JLPT Juli 2022 Udinus, Irma Winingsih, S.S., M.Hum., melaporkan animo tes terbanyak berasal dari siswa SMA/K dengan total 546 peserta untuk level N4 dan 396 untuk level N5. Sisanya sebanyak 611 peserta terbagi dalam level N3, N2 dan N1 yang notabennya diikuti oleh mahasiswa hingga pekerja.
 
“Siswa SMA/K yang mengikuti JLPT seringkali mereka yang mendapat ilmu bahasa jepang di sekolahnya. Sementara untuk peserta mahasiswa dan pekerja diperuntukan sebagai syarat untuk mengikuti beasiswa dan mengajukan kenaikan gaji,” jelasnya.
 
Prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus tersebut memang sudah rutin menjadi tuan rumah JLPT wilayah Jateng. Prodi yang terakreditasi A tersebut telah rutin menyelenggarakan JLPT sejak tahun 2017 lalu. Irma menambahkan, bahwa tahun ini menjadi kebanggan bagi Udinus karena menjadi penyelenggara yang bisa memberikan fasilitas untuk ribuan peserta. 
 
“JLPT selalu rutin diselenggarakan oleh pihak Jepang yang berlangsung di bulan Juli dan Desember. Tahun ini Udinus berkesempatan menjadi tuan rumah di kedua bulan tersebut. Momen ini sebagai sarana siswa SMA/K untuk merasakan langsung fasilitas Udinus,” imbuh Irma. 
 
Sebagai informasi, JLPT merupakan tes yang dikembangkan di Jepang dan telah menjadi standar sertifikasi kompetensi bahasa Jepang di seluruh dunia. Sertifikasi tersebut secara umum untuk mahasiswa dan pekerja yang akan melanjutkan pendidikan dan karirnya ke negeri sakura.
 
Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum., ungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak JLPT yang sudah mempercayakan Udinus sebagai tuan rumah. Dengan antusias siswa SMA/K wilayah Jateng yang cukup banyak diharapkan mampu mengenalkan berbagai fasilitas di Udinus. 
 
“Tes ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti, terima kasih untuk seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tes yang serentak diselenggarakan di seluruh dunia,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)