OPTIMALKAN AGROWISATA BERBASIS KONSERVASI, HM DKV UDINUS TINGKATKAN EKONOMI DI DESA KRAMAT PURBALINGGA


OPTIMALKAN AGROWISATA BERBASIS KONSERVASI, HM DKV UDINUS TINGKATKAN EKONOMI DI DESA KRAMAT PURBALINGGA

Lima belas mahasiswa  Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang optimalkan  agrowisata berbasis konservasi alam demi tingkatkan ekonomi di Desa Kramat Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.
 
Mereka tergabung dalam Himpunan Mahasiswa DKV Udinus dan didampingi langsung oleh Dosen FIK Udinus, Filmada Ocky Saputra, M.Eng. Optimalisasi yang dilakukan HM DKV Udinus, berhasil meraih pendanaan dari Program Penguatan kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) sebesar 49 juta rupiah. Dalam program itu, Hutan Siregol akan dijadikan Argowisata Berbasis Konservasi Alam.
 
Ketua tim dari program optimalisasi desa Kramat, Dwi Herdhy Septoadi mengungkapkan optimalisasi yang dilakukan oleh HM DKV, timbul karena terjadinya alih fungsi lahan hutan yang tidak mempertimbangkan kondisi ekosistem hutan Siregol. Selain itu, Kurangnya kesadaran masyarakat desa Siregol akan pentingnya menjaga kondisi alam dan ekosistem Hutan Siregol juga memicu rusaknya ekosistem disana. Melalui proposal itu nantinya mereka akan melakukan berbagai tahapan untuk mengembangkan berbagai potensi dan mengoptimalkan ekonomi di desa Kramat, Purbalingga.
 
“kami akan lakukan Edukasi terhadap masyarakat terkait konservasi dan juga membentuk ranger/penjaga hutan untuk edukasi konservasi dan penjagaan hutan. Selanjutnya kami akan membentuk grand desain argowisata hutan Siregol dan pengembangan potensi kopi khas hutan Siregol,” jelasnya.
 
HM DKV pun telah membentuk beberapa divisi yang memiliki perannya masing-masing. Divisi tersebut juga dibentuk untuk menjalankan roadmap yang telah disusun, agar dapat menghubungkan antara pihak internal dan eksternal dengan baik.
 
“Kami membentuk beberapa divisi seperti Kreatif, Permas, Humas, Logistik dan Dana Usaha. Mereka nantinya akan memiliki peran sesuai bagiannya masing-masing,” tuturnya.
 
Dalam PPK Ormawa, HM DKV Udinus mampu meraih pendanaan puluhan juta dari proposal berjudul ‘Optimalisasi Desa Hutan Siregol Guna Peningkatan Kegiatan Ekonomi Warga Kramat Melalui Argowisata Berbasis Konservasi Alam’.
 
Pembimbing tim HM DKV Udinus, Filmada Ocky Saputra, M.Eng., mengungkapkan rasa bangganya kepada tim HM DKV Udinus yang berhasil mendapatkan pendanaan dari program PPK Ormawa Udinus. Filmada berharap program yang dijalan oleh HM DKV Udinus dapat menjadi langkah nyata dalam menjaga hutan yang kini semakin menipis di Indonesia.
 
“Kami selalu berkoordinasi dan tentunya fokus pada roadmap yang telah kami rancang bersama. Semoga nantinya semua yang telah kami rancang dan kami bentuk dapat berkontribusi lebih dalam menyejahterakan masyarakat di Desa Kramat dan menjaga kelestarian alam,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto; Dok. FIK)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)