KELOLA AGROWISATA MAHASISWA PRODI D-4 PENGELOLAAN PERHOTELAN UDINUS SIAP TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA


KELOLA AGROWISATA MAHASISWA PRODI D-4 PENGELOLAAN PERHOTELAN UDINUS SIAP TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA

Tingkatkan perekonomian di desa Bonjongnangka, Program Studi (Prodi) D-4 Pengelolaan Perhotelan berdayakan warga dengan membangun agrowisata. Ide tersebut masuk dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD). 
 
Program yang diinisiasi oleh Direktorat Jendral Vokasi itu mendapatkan pendanaan total 36,5 juta rupiah. Ide itu dituangkan kedalam proposal dengan judul ‘Pemberdayaan masyarakat melalui program agrowisata di desa Bonjongnangka kabupaten Pemalang’. Dalam upaya tingkatkan perekonomian warga, 10 mahasiswa Prodi Perhotelan Udinus melakukan berbagai tahapan. Satu diantaranya pemberdayaan masyarakat dan kepedulian bidang keilmuan di perhotelan dan pariwisata. 
 
Ketua tim, Genta Bernard Mahardika mengatakan bahwa saat ini memang ada potensi objek wisata, bernama gatra kencana. Namun belum dioperasikan secara maksimal oleh warga desa wilayah Pemalang itu. Nantinya melalui pemberdayaan ini, mahasiswa Prodi Pengelolaan Perhotelan Udinus akan membangun berbagai sarana penunjang yang mampu tingkatkan daya tarik wisata.
 
“Untuk wisata di sawah, kami akan membangun jembatan yang bisa di akses oleh pengunjung. Nantinya juga ada pengembangan untuk kolam terapi ikan, hingga kolam renang anak di kawasan sawah yang sama,” jelasnya.
 
Ungkapnya, selain menjadi objek wisata warga tetap dapat memanfaatkan lahan sawah untuk menanam beras organik. Dalam proses penanaman, padi akan memanfaatkan pupuk organik dari sisa sampah rumah tangga. Seperti kulit pisang, tulang ikan, hingga berbagai sayur sisa yang sudah tidak digunakan. 
 
“Kami juga akan merancang untuk paket wisata yang menarik. Serta melakukan pelatihan untuk warga tentang kepemanduan, pengemasan paket wisata hingga paket edukasi seperti pengolahan sampah,” tambah Genta
 
Dari 10 mahasiswa tersebut sudah terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki peran masing-masing. Yakni bagian agrowisata, pengolahan sampah dan juga pengemasan. Nantinya realisasi proposal akan dilaksanakan selama bulan Juli hingga Agustus 2022 mendatang.
 
Pembimbing tim, Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi, S.E., M.MPar., ungkapkan rasa bangganya terhadap capaian yang luar biasa dari mahasiswa Prodi Pengelolaan Perhotelan Udinus itu. Selain dapat diakumulasikan ke dalam SKS, mahasiswa juga dapat melatih softskill sesuai dengan bidang perhotelan dan pariwisata. Dukungan dan arahan akan terus dilakukan hingga road map dapat terealisasi. 
 
“Judul ini kami kembangkan supaya wisata tidak hanya objek selfie semata. Namun juga sebagai cara untuk mendidik masyarakat agar paham cara mengolah sampah organik. Harapan kami capaian ini mampu dipertahankan oleh mahasiswa lainnya,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Prodi Lolahot Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)