Vaksinasi sebagai rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 77 sekaligus mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang, digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berjalan lancar dan aman. Vaksinasi melibatkan berbagai relawan untuk membantu jalannya proses vaksinasi yang digelar di Udinus.
 
Selain vaksinasi, tersedia pula pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat usia di bawah 15 tahun. Antara lain, pemeriksaan fisik, pemeriksaan gula darah dengan kuota 50 orang, dan konsultasi kesehatan. Pemeriksaan itu dapat dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) sentra vaksinasi Udinus. Tercatat, sekitar 70 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa Udinus hingga masyarakat Kota Semarang mengikuti vaksinasi di Udinus. 
 
Kepala Poliklinik dr. Anggoro Dhana Octavian mengatakan bahwa vaksinasi di hari pertama dari total 4 kali pelaksanaan, berjalan lancar dan tanpa ada kendala apa pun. Pada vaksinasi kali ini, masyarakat dapat melakukan vaksinasi dosis 1, dosis 2 hingga booster. Menurutnya,  Udinus telah siap untuk membantu Pemkot Semarang dalam menyediakan lokasi percepatan vaksin di Kota Semarang. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 di Udinus  mendaftar melalui website resmi di victori.semarangkota.go.id .
 
 “Peserta yang mengikuti vaksinasi hari ini tertib dan tentunya berjalan aman. Kami harap mahasiswa maupun masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan melakukan vaksinasi di Udinus. Masyarakat umum dapat datang langsung dengan menunjukkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),” jelasnya. 
 
Udinus menjadi salah satu dari 10 Perguruan Tinggi (PT) ditunjuk oleh Pemkot Semarang untuk menjadi lokasi sentra vaksinasi. Vaksinasi akan dilakukan pada akhir bulan Juli dan Awal bulan Agustus 2022. Pada Bulan Juli akan diselenggarakan pada 21 dan 28 Juli 2022, sedangkan pada bulan Agustus akan diselenggarakan pada 4 dan 11 Agustus 2022 mendatang. 
 
Sementara itu, salah satu peserta yang ditemui di lokasi Vaksinasi di Udinus, Gita merasa terbantu dengan adanya vaksinasi di Udinus. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga baik kepada para peserta yang mengikuti vaksinasi. 
 
“vaksinasi kali ini sangat membantu karena tak perlu jauh-jauh. Proses dari antrean hingga ke prosesi pemberian cepat dan petugasnya juga ramah,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)