BANTU PERUSAHAAN, LIMA MAHASISWA PRODI S-1 TEKNIK ELEKTRO UDINUS CIPTAKAN ROBOT AGV KAIBO


BANTU PERUSAHAAN, LIMA MAHASISWA PRODI S-1 TEKNIK ELEKTRO UDINUS CIPTAKAN ROBOT AGV KAIBO

Program Studi S-1 Teknik Elektro Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menciptakan robot automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo. Robot tersebut mampu pengangkut material sewing dan mampu bergerak secara otomatis dan sebagai langkah untuk memfasilitasi perusahaan.
 
Robot AGV karya Udinus tersebut dipergunakan untuk PT. Globalindo Intimates. Robot yang memiliki kapasitas pengangkut sebesar 300 kilogram, dapat berjalan di garis yang telah ditentukan sebelumnya. AGV sendiri memiliki beberapa komponen utama dua diantaranya Arduino Mega 2560, Arduino uno esp32. Robot itu merupakan hasil dari program matching fund Kedaireka dan kini telah diimplementasikan di PT. Globalindo Intimates yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. 
 
Dalam proses pengerjaannya yang membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan, Robot AGV dikerjakan oleh lima mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Elektro Udinus yang berperan serta membangun robot AGV.. Kelima mahasiswa itu yakni  Yusuf Aleandra, Nimas Sendyani, M. Harits Alam, Muhammad Tegar Amrullah dan M Faizal. Selain itu, mereka juga didampingi oleh dosen pembimbing dalam proses pembuatannya. 
 
Dalam wawancaranya ketua tim inovasi robot AGV, Muhammad Tegar Amrullah menjelaskan bahwa robot AGV dapat digunakan untuk membawa atau memindahkan barang kebutuhan produksi baik bahan baku, bahan semi jadi maupun produk akhir. Barang-barang tersebut nantinya dapat dibawa menuju tempat yang diperintahkan sebelumnya. Menurutnya, robot tersebut sebagai jawaban untuk menyelesaikan permasalahan di PT. Globalindo Intimates  yang sebelumnya masih menggunakan tenaga manusia dalam proses angkutnya. 
 
“Pekerjaan memindahkan barang di PT Itu sebelumnya menggunakan tenaga manusia yang tentunya memerlukan usaha, waktu  dan perhatian khusus. Robot AGV karya Udinus ini menjadi solusi bagi permasalahan itu,” jelasnya. 
 
Penyerahan robot AGV kepada PT.Globalindo Intimates telah dilakukan sebelumnya.  Penyerahan itu dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik (FT) Udinus, Heru Agus Santoso Ph.D kepada General Manager PT. Globalindo Intimates, Suwandi. Selain itu disaksikan oleh Ketua Program Studi S-1 Teknik Elektro Udinus, Dr. M Ary Heryanto S.T., M.Eng. dan dosen lainnya. 
 
Dalam wawancaranya, Dekan FT Udinus, Heru Agus Santoso Ph.D menjelaskan serah terima merupakan bentuk simbolis resminya AGV Kaibo diserahkan ke PT. Globalindo Intimates. Menurutnya robot ini akan mempermudah kerja dari para karyawan di PT tersebut.  
 
“AGV Kaibo karya dari para mahasiswa memiliki berbagai keunggulan satu diantaranya Lebih efektif dan efisien untuk menekan waktu produksi. Kedua pihak sepakat, dunia pendidikan dan industri akan saling membutuhkan dan dapat menguatkan satu sama lain,” tegasnya. 
 
Terpisah, General Manager PT. Globalindo Intimates, Suwandi menginginkan robot AGV Kaibo karya Udinus dapat terus dilanjutkan dan disempurnakan. Selain itu, dapat juga menjadi projek untuk bagi para mahasiswa FT Udinus sehingga menjadi proyek yang berkelanjutan. 
 
“Kami berharap kedepannya ada project lanjutan seperti mesin yang mampu mengukur kain dan sebagainya. Kami apresiasi mahasiswa Udinus mampu membuat robot AGV yang canggih ini,” tutupnya.
 
Program Studi S-1 Teknik Elektro yang dibawah naungan Fakultas Teknik Udinus memiliki berbagai fasilitas yang menunjang pembuatan karya mahasiswa, salah satunya robot AGV tersebut. Fasilitas tersebut antara lain laboratorium Robotika, Otomasi, dan Electric Vehicle. Program Studi ini selain bekerjasama dengan PT. Globalindo Intimates juga bekerjasama dengan perusahaan besar lainnya, seperti Mitsubishi dan Goodrich. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. FT)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)