BERKUNJUNG KE DISDIKBUD JATENG, UDINUS BERUPAYA TIINGKATKAN SISTEM PENDIDIKAN SISWA SD


BERKUNJUNG KE DISDIKBUD JATENG, UDINUS BERUPAYA TIINGKATKAN SISTEM PENDIDIKAN SISWA SD

Finalis ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VI Wilayah Jawa Tengah, Hendriansyah yang didampingi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Dr Kusni Ingsih, M.M., lakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah.
 
Audiensi tersebut sebagai upaya bagi mahasiswa yang berkuliah di Program Studi (Prodi) S-1 Sistem Informasi Udinus  untuk memajukan pendidikan di wilayah Jawa Tengah. Yakni melalui inovasi bernama 'SiKresna', yang pemanfaatan sensor Passive Infrared Sensor (PIR), ESP 32 CAM dan Machine LearningArtificial intelligence (AI) yang dirakit menjadi kamera. Untuk mendeteksi fokus siswa, dan hasil deteksi akan dilihat berdasarkan emosi dari siswa tersebut.
 
Dukungan dari Disdikbud disampaikan langsung oleh Kepala Disdikbud Prov. Jateng, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd. Berlangsung di ruang rapat lantai dua kantor Disdikbud Prov. Jateng, pada Rabu, 3 Agustus 2022. 
 
Menanggapi kunjungan itu, Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd., ucapkan selamat kepada mahasiswa Udinus yang akan mewakili Jawa Tengah hingga ke ajang Nasional. Dukungan terbaik untuk memajukan pendidikan di Jawa Tengah tentu akan diberikan oleh pihak Disdikbud Prov. Jateng. Diharapkan kedepannya inovasi yang diciptakan mampu direalisasikan tidak hanya di satu sekolah saja. 
 
“Alat yang diciptakan ini memang sejalan dengan upaya peningkatan sistem pendidikan siswa SD, maka dari itu dukungan terbaik akan kami berikan. Selamat untuk Hendriansyah tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh warga Jateng,” ucapnya.
 
Aplikasi SiKresna akan diimplementasikan pertama kali di SD Negeri 1 Jatisari Semarang, dengan total murid sebanyak 2454 yang terbagi ke dalam 14 kelas. Dalam implementasinya, para guru juga akan dilibatkan. Implementasi tersebut akan mulai dijalankan pada bulan Agustus 2022 ini.
 
Mahasiswa angkatan 2019 itu mengaku senang bisa berkunjung dan bertemu langsung dengan kepala Disdikbud Prov. Jateng. Ungkapnya, kesempatan itu menjadi momen langka dan memberikan sedikit dorongan untuk memberikan yang terbaik setelah berhasil lolos mewakili Jateng di Pilmapres tingkat nasional. 
 
“Pilmapres menjadi tujuan akhir dari seluruh prestasi yang sudah saya raih membawa nama Udinus. Saya ingin mengukir sejarah baru dan mengharumkan nama Udinus di Pilmapres tingkat Nasional,” imbuhnya. 
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., berharap melalui audiensi ini akan ada kolaborasi yang bisa dijalankan dengan Disdikbud Jateng. Sehingga Udinus dapat berkontribusi dan berperan aktif khususnya mengembangkan sistem pendidikan, dengan dimulai di wilayah Jateng.
 
“Terima kasih atas sambutan baiknya kepada Kepala Disdikbud Jateng saat audiensi. Sejauh ini mahasiswa-mahasiswi Udinus telah memberikan yang terbaik bagi Jateng di beberapa event penting, baik itu akademik maupun non-akademik,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)