DOSEN PRODI S-1 MANAJEMEN UDINUS AJARKAN PENGUSAHA LAUNDRY DARI TIGA DAERAH DI JAWA TENGAH


DOSEN PRODI S-1 MANAJEMEN UDINUS AJARKAN PENGUSAHA LAUNDRY DARI TIGA DAERAH DI JAWA TENGAH

Tingkatkan kemampuan akuntansi bagi pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang laundry, dosen Prodi S-1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ajarkan mengenai laporan keuangan secara benar. Pengusaha yang mendapatkan pelatihan tersebut merupakan mereka yang tergabung dalam “Ikatan Pengusaha Laundry Pemalang, Pekalongan, dan Batang (Ilalang). 
 
Pengabdian yang diselenggarakan di Svasana Creativity Space, Pekalongan diikuti 35 UMKM dan diberikan ilmu mengenai pengelolaan keuangan.  Peserta dipandu secara bertahap untuk menyusun laporan keuangan mulai dari menjurnal bukti transaksi, memposting buku besar, dan menyusun laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan sederhana. Tentunya pelatihan yang diadakan oleh Prodi S-1 Manajemen diisi oleh narasumber yang dosen yang ahli dalam bidangnya, mereka yakni Nanda Adhi Purusa S.E., M.E, Linda Ayu Oktoriza SE, MM dan Suhita Whini Setyahuni SE, M.Ak. 
 
Ketua tim pengabdian masyarakat , Suhita Whini Setyahuni SE, M.Ak menjelaskan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha UMKM dalam bidang akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Ungkap Suhita, Materi disampaikan dalam bentuk workshop dan para peserta langsung mempraktekkan penyusunan laporan keuangan. 
“Capaian dari program pelatihan ini,  para peserta memahami tahapan penyusunan laporan keuangan. Nantinya mereka mampu membuat laporan keuangan yang rapi,” jelasnya.
 
Masalah utama yang ditemui salah satunya, tidak jarang pembukuan dilakukan secara manual yang berujung menghambat perkembangan bisnis. Dengan menghitung secara manual, akan banyak waktu yang dibuang, kesulitan melihat pencatatan di periode sebelumnya, dan beresiko rusak maupun hilang. 
 
“Kami berusaha mendorong para UMKM untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Tidak hanya itu selanjutnya kami akan memberikan pelatihan strategi pemasaran, desain dan inovasi produk serta pembuatan laporan keuangan standar EMKM,” tambahnya.
 
Sementara itu, ketua Ilalang, Casim mengaku senang mendapatkan pelatihan dari Prodi S-1 Manajemen Udinus. Menurutnya hal itu mampu membantu para anggota Ilalang mengerti pengelolaan keuangan yang sesuai dengan kaidah.
 
“pelatihan ini sangat membantu kami dan kami tahu bagaimana pengelolaan keuangan yang baik dari segi laporan keuangan dan pembukuannya,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. FEB)
 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)