ANIMASI ‘SI WARIK’ KARYA PRODI D-4 ANIMASI RAIH PENDANAAN KEDAIREKA RATUSAN JUTA


ANIMASI ‘SI WARIK’ KARYA PRODI D-4 ANIMASI RAIH PENDANAAN KEDAIREKA RATUSAN JUTA

Berbagai prestasi ditorehkan oleh Prodi D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, terbaru Animasi ‘Si Warik’ berhasil meraih pendanaan dari Program Kedaireka. Animasi yang menampilkan tiga karakter Warik, Dian dan Endog, mampu meraih pendanaan sebesar Rp 360 juta.   
 
Dana hibah tersebut merupakan bagian dari program Kedaireka yang memfasilitasi dunia usaha dan industri bersama dengan universitas dalam bidang Artificial Intelligence (AI). Kedaireka merupakan solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia. 
 
Dalam program Kedaireka terdapat program Matching Fund yang merupakan bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri. 
 
Dalam wawancaranya, Ketua Program Studi D-4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom., M.Kom menjelaskan Animasi ‘Si Warik’ merupakan project dari program studi dan melibatkan para mahasiswa yang sedang magang serta melibatkan para alumni. Kini, animasi karya Prodi D-4 Animasi Udinus berhasil mendapatkan pendanaan dari program Kedaireka. 
 
“Ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi Prodi D-4 Animasi Udinus. Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan animasi ‘Si Warik’ selanjutnya salah satunya produksi episode terbaru dari animasi ini,’ jelasnya.
 
Film animasi yang berdurasi sekitar 6 menit itu, karakternya memiliki keunikan tersendiri.Karakter Dian digambarkan sebagai anak perempuan yang berambut biru, berpakaian biru dan berkacamata. Nama Dian Sendiri diambil dari nama Universitas Dian Nuswantoro tempat animasi itu diproduksi. 
 
Sementara itu, Warik digambarkan sebagai anak laki-laki yang memakai baju dan topeng Warak Ngendog yang berwarna merah. Adapun, Endog sendiri digambarkan sebagai robot yang berbentuk seperti telur, dapat terbang dan tentunya ia memiliki kecerdasan dan mengetahui berbagai hal layaknya mesin pencari.
 
Terpisah, Produser Film ‘Si Warik’ sekaligus dosen di Prodi D-4 Animasi Udinus, Nita Virena Nathania B.Des (Hons)., MBA mengatakan animasi Si Warik ditunjukkan bagi kalangan anak-anak. produksi animasi tersebut, memiliki tujuan khusus untuk menambah pengetahuan dan membawa pesan pendidikan kepada anak-anak di Indonesia. Ia pun berharap pendanaan yang diraih oleh Prodi-D4 Animasi Udinus untuk animasi ‘Si Warik’ dapat menjadi langkah dalam produksi animasi yang berkualitas. 
 
“Produksi film animasi ini, kami gunakan sebagai alat untuk belajar dari para mahasiswa sebelum mereka nantinya terjun di dunia animasi yang sesungguhnya,” tutupnya. 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)