MAHASISWA BARU PRODI S-3 DOKTOR MANAJEMEN UDINUS DAPATKAN PELATIHAN ZOTERO


MAHASISWA BARU PRODI S-3 DOKTOR MANAJEMEN UDINUS DAPATKAN PELATIHAN ZOTERO

Pelatihan Manajemen Referensi Menggunakan aplikasi Zotero awali pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) S-3 Doktor Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Pelatihan yang menghadirkan pakar ahli di bidang manajemen referensi itu, diselenggarakan secara daring pada Senin, 22 Agustus 2022. 
 
Materi disampaikan oleh Wakil Ketua I Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN), Julianto Agung Saputro, SE, S.Kom, M.Si, Ak., CA. Materi tersebut seputar mengunduh hingga mengoperasikan software manajemen referensi bernama Zotero. Yang diikuti oleh 9 mahasiswa baru Program Doktor S-3 Ilmu Manajemen dan juga beberapa dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus.
 
Turut hadir dan menyambut juga dalam kegiatan tersebut, Dekan FEB Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA., Ph.D., bersama Ketua Program Studi (Prodi) S-3 Doktor Manajemen Udinus, Prof. Dr. Amron, S.E., M.M. 
 
Dalam pemaparannya, Julitanto Agung memberikan teori praktik yang diikuti langsung oleh para peserta menggunakan laptop ataupun perangkat lainnya. Diawali dengan cara mengunduh dan menginstal software berbasis windows, macOS dan Linux itu. 
 
“Selama proses instalasi tidak perlu terburu-buru, saya akan pandu semua peserta sehingga dapat mengikuti penjelasan berikutnya. Sebagai aplikasi manajemen referensi, Zotero memiliki interface dan fitur yang user-friendly,” ajarnya.
 
Ia juga menambahkan, meski menjadi software gratis Zotero memiliki beberapa keunggulan yang dapat memudahkan penggunanya. Yakni seperti memudahkan penggunaannya dalam mengumpulkan, mengorganisasikan hingga melakukan sitasi untuk jurnal penelitian. 
 
“Fitur lain yang sangat bermanfaat yaitu adanya kolaborasi jurnal. Yang akan memudahkan mahasiswa maupun dosen ketika sedang melakukan penelitian bersama, sehingga pengerjaan jurnal lebih efisien dan efektif,” tambahnya.
 
Materi selanjutnya dipaparkan bagaimana cara mengambil referensi melalui berbagai situs seperti Google Scholar, SSRN maupun katalog perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi. Para peserta mahasiswa yang mengikuti pelatihan mendapat fasilitas seperti ruang kelas di Gedung I Lt.5 di ruang I.5.6 dan I.5.7. 
 
Melalui sambutannya, Prof. Amron menyampaikan rasa terima kasih kepada Wakil Ketua I STIE YKPN yang telah meluangkan waktunya. Ilmu menggunakan zotero diharapkan mampu diserap secara baik oleh mahasiswa S-3 Doktor Manajemen maupun dosen FEB Udinus. Sehingga bisa secepatnya aktif menuliskan ide-ide manajemennya kedalam jurnal penelitian. 
 
“Diharapkan sebelum memasuki semester empat, sudah ada ide mahasiswa yang disubmit ke jurnal nasional maupun internasional. Sehingga bisa cepat menghasilkan lulusan doktor ilmu manajemen yang siap berikan kontribusi untuk perekonomian bangsa,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)