CEGAH ABRASI DI DESA BABALAN, MABA UDINUS TANAMKAN 4157 MANGROVE


CEGAH ABRASI DI DESA BABALAN, MABA UDINUS TANAMKAN 4157 MANGROVE

Peduli dengan keadaan alam di pesisir akibat abrasi, puluhan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro Semarang melakukan penanaman 4157 mangrove di Desa Babalan, Kabupaten Demak. Kegiatan Udinus Care Conservation  (UCC) menjadi agenda rutin bagi Udinus dalam menyambut mahasiswa baru.
 
UCC sendiri merupakan bagian dari rangkaian Dinus Inside 2022. Proses penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa baru dan aktivis Udinus. Para mahasiswa baru langsung dikoordinasi dan diarahkan oleh penggiat pelestarian mangrove di Desa Babalan, kabupaten Demak, Ali Mahmud yang juga tergabung dalam Organization for Industrial, Spiritual, and Cultural Advancement (OISCA).
 
Dalam pidatonya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM menjelaskan pengikisan karena air laut di pesisir Kota Demak berdampak pada masyarakat. Salah satunya banjir yang sempat meredam di sebagian besar Desa Babalan beberapa waktu lalu, melihat hal itu Udinus fokus dan rutin untuk membantu memberikan bibit sekaligus membantu melakukan penanaman di daerah tersebut. 
 
“Kami bekerjasama dengan pengelola disana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya akan mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi disana. Keesokan harinya perwakilan mahasiswa akan melakukan penanaman langsung namun tetap patuh dengan protokol kesehatan,”Ungkap dia.
 
Ali Mahmud pada wawancaranya, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Udinus yang telah berperan aktif dan membantu dalam mengurangi dampak abrasi di Desa Babalan, Kabupaten Demak. Menurutnya, tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat bagi daerah di pesisir, seperti mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai. Selain itu juga memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2). 
 
“Kami sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit ini. Kami mengajak para siswa SD dari Babelan 1 Wedung, Demak dan karang taruna Tunas Harapan serta berbagai stakeholder lainnya untuk menanam mangrove bersama dengan mahasiswa baru Udinus ,” jelas dia.
 
Dalam Dinus Inside 2022 ini, mahasiswa Udinus yang dilantik secara simbolis dalam kegiatan Dinus Inside 2022 itu, mewakili 4157 mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023. Ribuan mahasiswa baru tersebut terdiri dari 1855 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 892 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 254 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 565 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES), 279 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT), dan 155 mahasiswa Pasca Sarjana. Selain itu, terdapat 157 mahasiswa baru di kampus Udinus Kediri. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)