UPT PERPUSTAKAAN UDINUS GELAR WEBINAR BAHAS MENGENAI PUBLIKASI JURNAL ILMIAH


UPT PERPUSTAKAAN UDINUS GELAR WEBINAR BAHAS MENGENAI PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

Tingkatkan pemahaman mengenai jurnal dan penelitian, UPT Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar webinar internasional. Webinar itu dibahas berbagai hal mengenai cara mempublish jurnal hingga menggunakan berbagai alat untuk mencari jurnal ilmiah.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring, diisi oleh dua narasumber yang yang ahli dalam bidang penelitian. Mereka yakni dosen Prodi S-1 Teknik Informatika Udinus,  De Rosal Ignatius Moses Setiadi, M.Kom dan Director, Key Accounts APAC, Springer Nature, Mabel Tang. Webinar yang bertajuk ‘How to Get Published & The Useful Tools for Researchers’, menjadi kegiatan pertama bagi UPT Perpustakaan yang berskala internasional.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir Supriadi Rustad, M.Si turut hadir dan membuka di webinar tersebut. Ia pun mengajak para dosen untuk mampu merancang dan merencanakan satu manuskrip yang siap di publish di media penerbit jurnal.

Menurut WR I Udinus, saat ini jumlah penelitian civitas akademika Udinus yang publish di jurnal internasional terindeks Scopus yakni 389 penelitian selama 3 tahun terakhir (2019-2021).

“Melalui webinar ini mampu mengajak para dosen di Indonesia untuk lebih produktif dalam membuat jurnal ilmiah. Ilmu-ilmu yang diberikan mampu menjadi bekal yang berharga bagi para dosen,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan Udinus, Natalistyo, TAH, M.Si., sk., CA menjelaskan bahwa webinar yang diselenggarakan UPT Perpustakaan, sebagai langkah untuk sharing ilmu kepada para peneliti. Selain itu,  agar peneliti dapat publish tulisannya di jurnal yang bereputasi dan tentang tools apa saja yang biasa digunakan dalam proses menulis. Saat ini, berbagai peserta dari kalangan mahasiswa, peneliti hingga dosen turut mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami berharap webinar kali ini dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Civitas akademika Udinus pun memahami cara menerbitkan tulisan ke jurnal yang bereputasi sekaligus mengetahui tips dan triknya,” imbuhnya.

Terdapat sekitar 531 peserta yang turut hadir dan mengikuti webinar yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube TVKU.

Materi seputar publikasi berskala internasional disampaikan oleh Mabel Tang dari Springer Nature yang merupakan salah satu perusahaan penerbitan akademik. Dalam pemaparan nya ia mengulik seputar penulisan hingga publikasi jurnal. Mabel juga memberikan saran agar para peneliti memiliki strategi publikasi yang efisien, dengan mempublish penelitiannya di jurnal yang sesuai.

“Ketika telah memilih tempat publish yang sesuai, maka hasil penelitian tersebut dapat mudah dimanfaatkan oleh pembaca. Kita sebagai peneliti juga bisa menuliskan idenya ke dalam naskah secara rapi,” ajaknya. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved