IKUTI AJANG ABDIDAYA 2022, ORMAWA UDINUS BORONG LIMA JUARA SEKALIGUS


IKUTI AJANG ABDIDAYA 2022, ORMAWA UDINUS BORONG LIMA JUARA SEKALIGUS

Abdidaya 2022 telah usai diikuti oleh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), dan berhasil mengantongi lima juara sekaligus. Dalam ajang itu para Ormawa bertugas menjalankan Program Penguatan Kapasitas (PPK) guna mendukung perkembangan berbagai desa.
 
Ajang tahunan itu diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-ristek). Penghujung acara tingkat nasional itu dilaksanakan selama enam hari sejak hari Selasa (6/12/2022) lalu.
 
Tahun ini dengan mengusung tema ‘Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan sebagai Agen Transformasi Pembangunan Bangsa Berlandaskan Inovasi Teknologi demi Mewujudkan Indonesia Maju’, Udinus berhasil mengantongi lima juara. Setelah bersaing dengan 75 ormawa lain dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.
 
Masing-masing juara diraih dalam kategori yang berbeda, yakni Juara 1 untuk Penghargaan Perguruan Tinggi dalam Kategori Sistem Pendukung Perguruan Tinggi (K1). Juara 2 dalam Kategori Tim Pelaksana (K3) dengan judul program Pengembangan Rumah Sampah Digital Resik Becik Berbasis Ecowaste Management System pada Kelurahan Krobokan untuk Mewujudkan Zero Waste Lifestyle’. Juara 3 untuk Penghargaan Poster dalam Kategori Tim Pelaksana (K1).
 
Kepala Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., menjelaskan terdapat beberapa kriteria penilaian dalam ajang tersebut. Antara lain dokumen, presentasi program hingga wawancara untuk setiap tim. Dalam proses presentasi, masing-masing ormawa menampilkan poster roadmap serta skema pembinaan lain yang dijalankan selama melakukan PPK Ormawa. 
 
“Sementara untuk tahap wawancara tim penilai melakukan validasi terkait keterlibatan ormawa dan perguruan tinggi selama mengikuti program Abdidaya. Selama proses penilaian kami juga melakukan pendampingan ketat untuk seluruh ormawa yang berpartisipasi,” ungkapnya. 
 
Capaian lain juga didapatkan para dosen yang ikut mendampingi ormawa ketika menjalani program-programnya. Juara 2 untuk Kategori Dosen Pendamping (K1) diraih oleh Ika Pantiawati, S.Si.T., M.Kes., sebagai dosen pendamping tim DPM FKes Udinus. Serta Juara Honorable Mention Dosen Pendamping (K2) untuk Menjaring Mitra diraih oleh Etika Kartikadarma M.Kom., sebagai dosen pendamping ti HM Sisfo Udinus.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., turut bangga dengan capaian yang telah diraih oleh tim ormawa Udinus yang terlibat. Ungkapnya capaian tahun ini mengalami peningkatan yang drastis dari tahun sebelumnya. Harapannya pencapaian ini dapat memotivasi ormawa Udinus lainnya untuk terus menjalankan program serupa. 
 
“Selain berhasil mengharumkan nama Udinus di kancah nasional, kegiatan Abdidaya ini juga mengajarkan mahasiswa untuk berkontribusi membangun ekonomi dan teknologi di desa-desa yang membutuhkan,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Bima)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved