MAHASISWA PRODI S-1 SASJEP UDINUS LOLOS IKUTI MAGANG INTERNASIONAL KE JEPANG


MAHASISWA PRODI S-1 SASJEP UDINUS LOLOS IKUTI MAGANG INTERNASIONAL KE JEPANG

Tingkatkan potensi mahasiswa, Program Studi (Prodi) S-1 Sastra Jepang (Sasjep) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kirimkan dua mahasiswanya mengikuti program international paid internship. Lewat program itu, mahasiswa akan mendapat pengalaman magang di Narita Airport, Jepang selama satu tahun, mulai bulan Desember 2022 ini.

Kedua mahasiswa yang berkesempatan untuk magang di Narita Airport itu, bernama Fajar Sidiq dan Muhammad Fadjrin Febrian Aditya dan keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2020. Kesempatan magang di negeri Sakura itu mereka dapatkan setelah berhasil lolos seleksi berkas administrasi dan wawancara.

Ketua Prodi S-1 Sasjep Udinus, Dr. Bayu Aryanto S.S., M.Hum., melaporkan bahwa program tersebut salah satu hasil kerja sama antara Udinus dengan Japan Indonesia Program Akademik (JIPA). Ungkapnya, Prodi S-1 Sasjep Udinus selalu rutin mengirimkan mahasiswanya untuk magang langsung di Jepang.

“Selama mengikuti program ini, mahasiswa juga mendapatkan uang saku untuk biaya hidup sebanyak 170.000 Yen Jepang, atau setara dengan 18 juta rupiah,” jelasnya.

Salah satu penerima beasiswa, Fajar Sidiq menjelaskan bahwa dalam program rutin tersebut ia akan ditempatkan di Ground Handling. Dengan beberapa tugas yang telah diberikan seperti membantu bagian check in penumpang hingga membantu awak kabin pesawat sebelum take off.

“Harapannya selama mengikuti program magang, kami dapat menerima pengalaman kerja sebaik mungkin. Karena suasana dan budaya kerja di Jepang akan sangat berbeda di Indonesia,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa berbagai dukungan telah diberikan oleh Prodi S-1 Sasjep Udinus. Seperti adanya kurikulum yang telah di desain agar mahasiswa dapat mengikuti magang intensif di jepang. Ungkapnya, prodi juga rutin memberikan informasi kepada mahasiswa perihal program magang maupun beasiswa.

“Magang intensif ini juga berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), nantinya kami akan mendapatkan konversi mata kuliah tertentu hingga 40 sks selama satu tahun di sana,” tutupnya.

Sepanjang tahun 2022, Prodi S-1 Sasjep Udinus telah mengirimkan total 5 mahasiswanya untuk mengikuti program magang di Jepang. Program kerja sama itu juga sempat berhenti karena adanya pandemi covid-19, dan kembali dibuka sejak Februari 2022 lalu. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved