Menjelang pemilu 2024, Komisi Pemilu Umum Raya (KPUR) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ajak mahasiswa untuk bijak dalam menyikapi setiap informasi yang beredar. Ajakan itu diwujudkan dengan digelarnya seminar yang bertempat di Auditorium gedung H lantai 7 Udinus pada Jumat, 27 Januari 2023.
 
Seminar yang bertajuk ‘Peran Generasi Milenial dalam Penggunaan Teknologi untuk Memerangi Hoax Pemilu 2024’ itu menghadirkan narasumber ternama dari berbagai instansi. Antara lain, Staff Pengawas Pemilu, Yusuf Manggala Adityama S.A.P dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Udinus, Dr. Rahmawati Zulfaningrum S.I.Kom., M.I.Kom. Seminar pun diikuti oleh puluhan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro dengan antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan.
 
Yusuf Manggala Adityama sebagai pembicara pertama membawakan tentang peran yang dapat dilakukan generasi muda menjelang pemilu 2024. Hal ini dapat dimulai dengan mengikuti dan menyebarluaskan informasi seputar perkembangan pemilu. Beliau juga mengingatkan generasi muda untuk bijak dalam menyikapi setiap informasi di tengah kemudahan akses teknologi.
 
“Jangan takut untuk lapor bawaslu setiap menemukan berita hoax. Pemilu menyangkut kepentingan untuk masa depan banyak orang. Jadi, jangan sampai salah pilih pemimpin,” ucapnya.
 
Selanjutnya dari sisi akademik, Dr. Rahmawati Zulfaningrum S.I.Kom., M.I.Kom., membawakan materi tentang peranan generasi muda menghadapi hoax menjelang pemilu. “Harapannya, generasi muda dapat meredam informasi-informasi yang tidak sesuai dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” ungkapnya.
 
Inez Nagata Putri, salah satu peserta seminar dari Fakultas Kesehatan angkatan 2021 Udinus menyampaikan kesannya setelah mengikuti seminar. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat, apalagi untuk generasi muda.
 
“Setelah ikut seminar, mendapat banyak wawasan baru. Jadi lebih tau cara menangkal hoax seputar pemilu serta dapat ikut serta mewujudkan pemilu yang adil tanpa menimbulkan perpecahan,” tutupnya.
 
Sudah menjadi kewajiban semua orang untuk bijak dalam pemanfaatan teknologi dan tidak termakan berita hoax. Udinus sebagai perguruan tinggi terakreditasi unggul akan selalu memberikan edukasi supaya mahasiswanya bijak dalam menyikapi setiap informasi. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udninus)