Annual Creative Advertising Awards (ACA Awards) kembali digelar dan kegiatan tersebut mengajarkan kepada peserta terkait teori pemasaran hingga membuat iklan produk pemasaran. ACA Award sendiri diselenggarakan di Gedung I lantai 6 Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Annual Creative Advertising Awards (ACA Awards) bertajuk ‘Recognizing the best educational marketing with creative award categories’. ACA Awards merupakan ajang tahunan yang digelar oleh program studi S1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam bentuk penilaian praktik manajemen pemasaran. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa pada beberapa hari yang lalu, dimana para peserta menyaksikan dan mengapresiasi karya video iklan masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua panitia ACA Awards, Imam Nuryanto SE.,MM mengatakan bahwa kegiatan ACA Awards mengajarkan Mahasiswa agar menguasai teori pemasaran namun  juga menerapkannya dalam media promosi berupa iklan, yang dapat diupload di youtube, instagram dan media sosial lainnya. Selain itu, mahasiswa yang menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran ini Video iklan dari suatu produk UMKM atau produk yang ada di pasaran. Mereka dimana dalam  perlu menyusun story board untuk plot iklan, shooting video iklan dan proses editing agar durasi iklan  sekitar 1 menit mampu terpenuhi.

“ACA Award ini mahasiswa akan semakin terbuka mindsetnya untuk terus berkreasi,mengetahui bagaimana pentingnya sebuah promosi dalam melakukan sebuah usaha, dan tentunya akan sangat membantu pihak UMKM dalam meningkatkan citra produknya,” tambahnya.

Tambahnya, pada ACA Award kali ini, terdapat 158 video promosi yang terkumpul guna melengkapi tugas dari mata kuliah manajemen pemasaran itu sendiri. Dari 158 terpilih 58 video iklan yang masuk kriteria. Karya mereka, kemudian diseleksi oleh para juri dan diambil 30 video terbaik. Setiap kategori terdapat lima nominasi.  

“Terdapat enam kategori dari penghargaan video iklan terbaik yaitu Best Product Label, Best Package, Best Brand Name, Best Advertising, Best Virtual Effect dan Best Communication,” jelas Imam Nuryanto SE.,MM selaku ketua panitia ACA Awards.

Sementara itu,Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus,  Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA, Ph.D, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ACA Award berguna  untuk menunjang dan mengembangkan kreativitas mahasiswa.

“Saya apresiasi kegiatan ini, mahasiswa yang menjadi peserta dapat mendapatkan ilmu yang banyak terkait teori pemasaran. Mereka juga dapat berkreasi membuat brand dan sebagainya. Kreativitas mereka akan terus berkembang dengan kegiatan ini,” tuturnya.

Pada ACA Award 2023 telah menghasilkan 6 video promosi terbaik, pada kategori The Best Label : Sankara Coffee, pada kategori the best package, Cheers Coffee, pada kategori the best brand,  CJ Coffe dan pada kategori the best visual effect, Cireng Semarang. Sementara, pada kategori the best message, Shalda dan pada kategori Advertising yakni Budrex. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)