Cari talent penyiar dengan keahlian tiga bahasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba penyiar bernama Trilingual News (T-News). Ajang  tersebut berlangsung dengan meriah diikuti 218 siswa dari 23 SMA/SMK sederajat. 
 
Ajang yang bertema T-news Goes To School: Presenter Wanted’ yang kini telah memasuki tahap grand final, diikuti 10 siswa dari 8 SMA/SMK di Indonesia  berhasil mengalahkan ratusan peserta pada babak penyisihan.Tahap grand final para siswa  diberikan waktu dua menit untuk menyiarkan beberapa berita sesuai dengan nomor urut undian. 
 
Selain itu,  para peserta juga diwajibkan melakukan reportase dengan beberapa bahasa mulai dari Bahasa Jawa, Inggris dan Jepang. Reportase tersebut dilakukan pada set studio yang telah disiapkan di Aula Gedung E lantai 3 Udinus. 
 
Para juri yang ahli dalam bidangnya diberikan waktu untuk mengomentari hasil siaran dari tiap peserta, mulai dari tutur bahasa hingga penyampaian materi. Juri tersebut yakni Direktur TV Kampus Udinus (TVKU), Heri Pamungkas S.S.M.I.Kom, Ketua Program Studi S-1 Bahasa Inggris, Dr. Sunardi S.S., M.Pd dan Ketua Program Studi S-1 Sastra Jepang, Dr. Bayu Aryanto S.S., M.Hum. 
 
T-News Goes To School turut dibuka secara langsung oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom dan mengucapkan selamat bertanding kepada kesepuluh peserta yang mampu menembus tahap grand final. Menurut Prof. Edi, ajang T-News menjadi ajang yang sangat luar biasa dalam melatih bakat dan kemampuan dalam berbahasa dari para siswa SMA/SMK. Rektor pun selepas menyaksikan beberapa penampilan turut memuji kemampuan-kemampuan dari para siswa dalam berbahasa Jawa, Inggris dan Jepang. 
 
“acara ini akan kami adakan terus menerus dan kami melihat masa depan dari para peserta grand final akan cerah secerah hari ini dan seterang hari ini. Satu pesan untuk para siswa, kuasailah dunia dengan bahasa,” tegas rektor Udinus saat diwawancara mengenai ajang T-News yang digelar oleh FIB Udinus. 
 
Penyelenggaraan T-news Goes To School merupakan kerjasama antara FIB Udinus dengan TVKU. Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum turut hadir dan memberikan sambutannya.  Riuh bersaut-sautan dari para suporter SMA/SMK masing-masing turut meramaikan ajang yang mempertemukan puluhan sekolah tersebut. Pada tahap grand final, delapan sekolah yang berhasil meloloskan siswanya yakni SMK Miftahul Ulum Boarding School Demak, SMKN 6 Kendal, SMKN 1 Kendal, SMKN 2 Jepara, SMAN 1 Boja, SMAN 2 Mranggen, dan SMKN 1 Kedung. 
 
Peserta dari SMKN 1 Kendal Nadira Rohadatul mengaku senang dan tertantang untuk mengikuti ajang T-news pada kali ini. Ungkapnya, ia telah memiliki pengalaman menjadi penyiar namun dalam Bahasa Indonesia. Ia pun berharap lomba T-News dapat rutin dilangsungkan tiap tahunnya. 
 
“Saya tertantang untuk mengikuti ajang ini apalagi menggunakan tiga bahasa sekaligus. Dalam mempersiapkan diri saya berlatih dengan guru pembimbing saya,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus/Humas Udinus)