Pengelolaan dan pengembangan untuk menjamin mutu perguruan tinggi menjadi sebuah tantangan yang sulit seiring berjalannya waktu. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi Unggul, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang membagikan pengetahuan nya kepada Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo), saat kunjungannya pada Rabu (15/3/2023) lalu.
 
Kunjungan yang dibalut dengan sesi diskusi antara kedua pihak itu, membahas pengelolaan dan pengembang an mutu perguruan tinggi. Rombongan dari kampus asal Daerah Istimewa Yogyakarta itu diterima oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus yang diwakilkan oleh Affandy, M.Kom., Ph.D., selaku Wakil Dekan II Bidang Umum FIK Udinus. Hadir pula dari Kepala Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Udinus Semarang, Nova Rijati, SSi., M.Kom., bersama Kepala Bidang Akreditasi Udinus, Dr. Drs. Agus Prayitno M.M.
 
Pada kesempatan itu Kepala Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Udinus Semarang, Nova Rijati, SSi., M.Kom., membeberkan seputar perjalanan Udinus yang saat ini telah meraih akreditasi tertinggi yaitu Unggul dan cara mengelola nya. Ia juga menjelaskan bahwa pengelolaan SDM utamanya dosen menjadi salah satu poin penting. Seperti pemberian reward kepada dosen beprestasi dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi mereka. 
 
“Dengan motivasi ini harapannya dapat meningkatkan kinerja dosen dan mampu meningkatkan mutu program studi. Hal itu sudah rutin kami lakukan dan mungkin bisa menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan Unriyo nantinya,” jelas Nova. 
 
Wakil Dekan II Bidang Umum FIK Udinus, Affandy, M.Kom., Ph.D., juga menyampaikan bahwa PSDKU dinilai menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan dan mengembangkan perguruan tinggi. Universitas juga harus mendekatkan diri kepada masyarakat, utamanya siswa SMK/SMA yang menjadi sasaran promosi pendidikan tinggi.
 
“Saat ini Fakultas kami memiliki PSDKU di Kediri, tidak hanya itu kami juga rutin melakukan promosi dan pengenalan institusi harus dilakukan untuk meningkatkan popularitas institusi pendidikan,” ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Rektor Unriyo Dr. Setiyanto, DEA., mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh FIK dan LPM Udinus. Ia mengaku bahwa tantangan di dunia pendidikan yang semakin tinggi membuat seluruh perguruan tinggi terpacu untuk menunjukkan mutu dan kualitas terbaik dalam mengelola perguruan tinggi. Udinus menjadi salah satu kampus yang dituju karena sudah terakreditasi Unggul dan terbukti mampu melakukan pengelolaan dengan baik.
 
“Pengelolaan baik dari aspek promosi, pengelolaan SDM, hingga pengembangan perguruan tinggi menjadi fokus  utama kami, dan kami rasa Udinus sudah terbukti memiliki pengelolaan yang baik. Selama kunjungan kami juga disambut dengan baik oleh seluruh sivitas akademika Udinus,” tutupnya.
 
Kunjungan pun ditutup dengan dengan campus tour mengelilingi gedung H Udinus, melihat suasana kelas dan beberapa fasilitas laboratorium yang ada. Kemudian diakhiri dengan  mengunjungi rooftop di gedung milik FIK Udinus itu. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FIK)