Akreditasi menjadi salah satu tolak ukur program studi (prodi) untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat umum yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Hal itulah yang terus dipacu oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang terus meningkatkan kualitasnya, terbaru Prodi S-1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Udinus mendapatkan akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT)
 
Akreditasi tertinggi yaitu Unggul itu disematkan di Prodi S-1 Ilkom Udinus oleh BAN-PT, tercantum dalam sertifikat akreditasi dari BAN-PT dengan nomor No.1017/SK/BAN-PT/Ak/S/III/2023 Pada sertifikat akreditasi tersebut menyatakan bahwa prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus itu berhak menyandang status unggul berlaku hingga 21 Maret 2028 mendatang.
 
Dalam keterangannya, Ketua Prodi S-1 Ilkom Udinus, Dr. Rahmawati Zulfiningrum, S.I.Kom., M.I.Kom., menyampaikan bahwa melalui akreditasi unggul yang telah diraih ini prodi dapat semakin berkembang melahirkan lulusan yang bermanfaat untuk bangsa. Ungkapnya, kualitas dan mutu akan menjadi perhatian utama agar kualitas akreditasi dapat terjaga kedepannya. Prodi S-1 Ilkom Udinus juga telah melewati beberapa proses akreditasi, termasuk beberapa waktu lalu mendapatkan visitasi dari dua asesor dari BAN-PT.
 
“Dengan akreditasi yang telah diraih, kami tidak akan berpuas diri dan akan terus meningkatkan kualitas prodi baik dari segi akademik maupun fasilitas pendukung lainnya. Tidak hanya itu, kualitas pengajar dan berbagai aspek lain akan terus ditingkatkan agar kualitas lulusan kami juga ikut meningkat,” jelasnya.
 
Secara terpisah, Dekan FIK Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M., berbangga dengan peningkatan pesat akreditasi yang diraih oleh Prodi S-1 Ilkom Udinus. Indeks Kinerja Utama (IKU) dari setiap Prodi terus diperhatikan dan dijaga kualitasnya, seperti menjaga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari sisi jenjang pendidikan dan kepangkatan.
 
Pihaknya bersama dengan seluruh prodi yang ada juga terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus, khususnya di lingkup FIK Udinus. Ditargetkan, beberapa tahun selanjutnya, lulusan prodi tersebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat umum dan bangsa. 
 
“Kami juga bangga dengan capaian Unggul dari Prodi S-1 Ilkom Udinus. Saat ini, kami terus berproses agar prodi-prodi lainnya di bawah naungan FIK Udinus mampu meraih akreditasi Unggul, dapat menghasilkan lulusan yang bersaing mampu menciptakan inovasi terbaru dan dapat bersaing di skala internasional” harap Dekan FIK Udinus.
 
Tercatat, sudah dua prodi yang mengantongi akreditasi Unggul dibawah naungan FIK Udinus. Yakni Prodi S-1 Teknik Informatika (TI) Udinus dan Prodi S-1 Sistem Informasi (Sisfo) Udinus.
 
Berbagai fasilitas telah dimiliki oleh Prodi S-1 Ilkom Udinus sebagai sarana penunjang perkuliahan mahasiswa. Fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa seperti laboratorium Ilkom, laboratorium komputer, hingga stasiun televisi TVKU yang dapat digunakan untuk mempraktikkan kegiatan di berbagai ranah ilmu komunikasi. (Humas Udinus/Haris. Ilustrasi: Humas Udinus)