Di bulan Ramadan yang penuh berkah, sahur menjadi hal terpenting dalam mengawali puasa. Namun, baru-baru ini, viral di dunia maya minum oralit mampu cegah dehidrasi ketika puasa di saat sahur kurang minum air. Ahli Gizi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz., M.Gizi., turut menyoroti soal berita viral tersebut.

Ditemui selepas mengajar, Ahli Gizi dan juga dosen di Fakultas Kesehatan Udinus memberi komentarnya mengenai berita yang sedang viral itu. Ia pun tak menyarankan penggunaan oralit untuk kebutuhan sahur puasa. Menurutnya, oralit hanya sekedar digunakan sewaktu orang mengalami diare, bukan khusus untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

“Saya nggak setuju oralit yang dipakai untuk puasa. Karena memang fungsi penggunaan obat oralit untuk mengatasi dehidrasi karena diare, tapi tidak untuk mencegah diare,” jelas Vilda

Tambah Vilda, dengan mengonsumsi larutan oralit secara berlebih pada saat berpuasa, dikhawatirkan akan memicu munculnya penyakit di dalam tubuh.  Ia menjelaskan bahwa pada kandungan larutan oralit terdiri dari dua zat, yaitu elektrolit (garam) dan karbohidrat (dalam bentuk gula).

Ketika mengonsumsi oralit secara berlebihan tentu akan memicu kenaikan elektrolit. Selain itu, kebutuhan gula pada orang normal itu rata-rata sekitar empat sendok makan dan kebutuhan garam sekitar satu sendok makan dalam sehari.

‘Kenaikan itu berhubungan dengan naiknya tensi dan kadar gula dalam tubuh. Kita harus memperhatikan konsumsi yang mengandung gula dan garam agar nantinya tidak overnatrium dan overglukosa,” jelasnya.

Vilda memang tidak setuju terkait tips sahur menggunakan larutan oralit untuk cegah dehidrasi selama puasa. Berbicara mengenai cara mencegah dehidrasi saat puasa itu sendiri, Vilda menyarankan untuk kembali fokus kepada kebutuhan cairan tubuh. Saran tersebut berupa minum dua liter atau sekitar delapan gelas air minum tiap hari.

“Ya penuhi dengan strategi dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, kemudian dua gelas sebelum tidur. Itu saya rasa sudah cukup mengatasi dehidrasi,” tandasnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)