Prestasi demi prestasi rutin ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).  Kini atlet Udinus di cabang olahraga Bola Voli, Arneta Putri Amelian mampu tampil gemilang dan menjadi setter terbaik putri di ajang Proliga 2023.  Saat ini pun, ia tergabung dalam tim Jakarta Pertamina Fastron. 

Mahasiswi yang akrab disapa Arneta, mampu berperan penting bagi timnya dengan mampu menyumbangkan puluhan poin di ajang bergengsi tersebut. Tercatat, menyumbang 46 poin hingga babak final four tuntas. Hal itu menjadi satu dari berbagai faktor dimana ia terpilih menjadi setter terbaik di Proliga musim ke-21 ini.

Di usia yang masih belia yakni 21 tahun, salah satu kunci keuletannya yaitu tak lelah untuk terus berlatih dan berjuang menampilkan permainan terbaiknya di setiap pertandingan. Kecerdikannya dalam mengolah teknik bola voli dan menyuplai umpan cantik kepada para pemain timnya menjadi salah satu senjata terkuat Arneta.

“Tugas saya di lapangan sebagai penyuplai umpan, namun diposisi setter saya juga rutin mencetak poin melalui penempatan bola yang cerdik dan mengejutkan lawan-lawan saya,” jelasnya.

Gadis yang dengan tinggi badan 171 cm itu,  pun senang dan berbangga dapat menjadi setter terbaik putri selama bertanding sesuai jadwal Proliga 2023. Keunggulan lain yang dimiliki Arneta yaitu tak lepas dari latihan rutin yang ia lakukan dan menguatkan rasa kerja sama bersama dengan tim. Dukungan pelatih dan rekan se-tim yang selalu memberikan motivasi bagi dirinya, sebagai dorongan untuk memunculkan kemampuan terbaiknya.

“Tentunya latihan yang rutin tidak boleh disepelekan, selain itu juga mempelajari dan memperbaiki  permainan yang salah dari pertandingan sebelumnya. Yang terpenting adalah dukungan dari pelatih dan rekan-rekan yang mampu memberikan motivasi, terus meyakinkan saya supaya bisa percaya diri di lapangan,” tegas mahasiswi kelahiran Grobogan, 1 Mei 2002.

Ditemui saat timnya berlatih di Udinus Sport Center (USC), Arneta merasa senang dan bangga bisa mendapatkan beasiswa pendidikan untuk berkuliah di Udinus. Menurutnya dengan adanya apresiasi melalui beasiswa tersebut, akan semakin memberikan masa depan yang pasti bagi para atlet di Indonesia.

Menurutnya ilmu non-akademik yang diimbangi dengan ilmu akademik akan bermanfaat di masa yang akan datang. Nantinya, Arneta akan menempuh Pendidikan di Prodi S-1 Manajemen Udinus.

“Terima kasih kepada Udinus yang sudah mengapresiasi kami, harapannya kami mampu mengharumkan nama Udinus di ajang Proliga nanti. Selain itu dapat mengapresiasi atlet Indonesia lainnya untuk ikut mendapatkan beasiswa dan berkuliah,” ujar pemilik akun @arnetaputrii14.

Menanggapi prestasi itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., turut bangga kepada salah satu atlet mahasiswa Udinus tersebut. Satu tim bersama Arneta, terdapat dua atlet bola voli lain yang saat ini juga melanjutkan pendidikan di Udinus. Yakni Indah Guretno Dwi Margiani sebagai Libero, dan Ajeng Viona Adelea sebagai Outside Hitter.

“Para atlet akan berprestasi di bidang non akademik. Oleh karena itu, kami disini berkontribusi untuk memberikan fasilitas pendidikan berupa beasiswa. Berkontribusi untuk Indonesia, Berprestasi Level Dunia, menjadi salah satu tagline kami untuk menyejahterakan para atlet yang mengharumkan nama bangsa baik di kancah nasional maupun internasional,” jelasnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)