Universitas Dian nuswantoro (Udinus) terima kunjungan tim dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). Kunjungan tersebut juga disosialisasikan Kampus Merdeka Mandiri (KMM) yang dibentuk sebagai langkah kemandirian dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung H lantai 1, dibuka langsung oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Tim dari KMM  dari Kemendikbud-Ristek yang dipimpin oleh Dessy Aliandrina., S.T., M.Sc., Ph.D., dan beranggotakan 4 anggota lainnya. Mereka yakni Heribertus Suharyanto., S.Si., Donni Hadiwaluyo., S.Psi., M.A., Elroy Premana., S.Bns., dan Kevin Ebenhaezer., S.Pd. Pada pertemuan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut disosialisasikan secara detail mengenai  Kampus Merdeka Mandiri kepada jajaran Udinus.

Tim dari KMM Kemendikbud-Ristek, Dessy Aliandrina, S.T., M.Sc., Ph.D., menjelaskan bahwa  Kampus Merdeka Mandiri (KMM) memiliki tujuan untuk melakukan kajian implementasi kemandirian MBKM, menyusun kerangka dan peta jalan kemandirian MBKM. Selain itu juga, untuk mengerahkan MBKM tak hanya sebagai program saja, namun berubah menjadi suatu gerakan. 

“Kami juga ingin bersama tim Kemendikbud-Ristek ingin melihat praktik baik yang ada di Udinus. Berbagai inovasi Udinus yang telah diciptakan sangat menarik dan kami harap ini bias menjadi contoh untuk perguruan tinggi lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., mengaku senang tim Kemendikbud-Ristek mengunjungi Udinus sebagai tempat untuk melihat praktik baik yang dilakukan perguruan tinggi di Jawa Tengah. Pada kesempatan itu, Prof. Edi menunjukkan inovasi yang dilakukan Oleh Udinus mulai dari Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-Ku) hingga Animasi ‘Si Warik’.

“Terima kasih tim Kemendikbud-Ristek telah berkenan hadir di Udinus dan melihat inovasi-inovasi yang telah kami ciptakan beberapa tahun terakhir. Harapannya melalui pertemuan ini, Tim KMM mendapatkan pandangan baru terkait dunia Perguruan Tinggi di Jateng,” tutup Rektor Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)