Berikan ilmu tentang peluang bisnis dan kerja di bidang Food and Beverage Product dan Service, Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menghadirkan dua ahli di dalam bidang tersebut. Kegiatan yang dikemas dengan bentuk kuliah umum itu, diselenggarakan di Ruang teater, Gedung I lantai 6 Udinus. 
 
Para peserta yang seluruhnya mahasiswa mendapatkan ilmu dari kedua narasumber di bidang perhotelan. Kedua narasumber itu yakni Food & Beverages Manager (FBM) Cluster The Royal Heritage, Novotel and Ibis Styles Surakarta, Kusmaji Hariyanta dan Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Jawa tengah (Jateng), Chef Hendro Purwanto.  
 
Mereka menjelaskan secara detail mengenai dunia kerja di dunia perhotelan yang sesungguhnya dan juga memberikan nasehat bagi para mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus. Kuliah umum yang diselenggarakan selama kurun waktu 5 jam tersebut, dibuka secara langsung oleh Ketua Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, Dr. Neni Kurniawati, S.S., M.Hum. 
 
FBM Cluster The Royal Heritage, Novotel and Ibis Styles Surakarta, Kusmaji Hariyanta menjelaskan bahwa dalam departemen di setiap hotel mungkin memiliki departemen yang berbeda satu dengan yang lainnya. Menurutnya, hal itu tergantung pada ukuran dan layanan yang hotel, namun biasanya hotel termewah dan besar sering kali memiliki banyak departemen.  Departemen itu seperti HousekeepingFront OfficeSales and Marketing hingga Food and Beverage
 
Departement FnB itu memiliki tugas mengelola dan bertanggung jawab atas produk dan layanan makanan minuman dan lainnya. Mereka yang berada di departemen ini, tak hanya menyediakan makanan dan minuman yang lezat saja, tetapi juga menciptakan pengalaman yang tak terlupakan,” jelasnya. 
 
Kusmaji juga menjabarkan kepada para mahasiswa mengenai perbedaan FnB di hotel bintang 3, 4 dan 5. Perbedaan itu, berdasarkan pada jumlah staf yang dikerahkan, Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dijalankan hingga harga yang ditawarkan kepada pelanggan. Diakhir sesinya, ia juga memberikan berbagai nasehat kepada seluruh mahasiswa mengenai dunia perhotelan di Indonesia. 
 
“Nanti kalau kalian lulus dan bekerja di dunia perhotelan, harus disiplin dan tentunya bekerja secara profesional. Ramah, santun, sopan dan mudah senyum harus diterapkan saat bekerja, agar para tamu nyaman dan tak ada kesan buruk bagi mereka,” imbuhnya.
 
Sementara itu, Ketua Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, Dr. Neni Kurniawati, S.S., M.Hum., mengatakan bahwa tujuan dari kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, agar mahasiswa mendapatkan wawasan mengenai peluang bisnis dan kerja di bidang FnB.  berharap melalui menghadirkan narasumber, para mahasiswa mampu menyerap ilmu-ilmu dan mendapatkan gambaran bekerja di dunia perhotelan.
 
“Kuliah umum ini menjadi ilmu yang berharga bagi para mahasiswa yang nantinya saat sesudah lulus ingin terjun di dunia perhotelan di Indonesia. Kami juga melihat antusiasme yang luar biasa juga ditunjukkan oleh mereka,” kata Kaprodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, Dr. Neni. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)