Program Studi (Prodi) S-1 Sistem Informasi (Sisfo) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang meraih akreditasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Akreditasi internasional yang diraih yakni ‘Provisionally Accredited’ yang menilai Information Systems and Similarly-named Computing Programs

Raihan akreditasi itu secara resmi tercantum dalam Sertifikat Akreditasi No. 00100.P yang menyatakan bahwa Prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus itu telah mengantongi status Provisionally Accredited. Sertifikat itu diterbitkan pada 22 Februari 2023 di Jakarta. Dengan ditandatangani oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE, Prof. Dr. Ir. Muhammad Romli, M.Sc.St., IPU.

Terkait capaian tersebut, Kaprodi S-1 Sisfo Udinus, Dr. Arry Maulana Syarif, S.S., M.Kom. menyatakan bahwa pencapaian tersebut menjadi salah satu bukti komitmen FIK Udinus untuk terus berkembang. Adapun secara umum terdapat empat kriteria penilaian selama proses akreditasi IABEE. Kriteria pertama yakni orientasi kompetisi kelulusan yang berbasis capaian pembelajaran. Sementara itu kriteria kedua berkaitan dengan sistem pembelajaran yang digunakan.

“Sedangkan yang ketiga mengarah pada hasil pembelajaran yang diterima oleh mahasiswa, sedangkan yang terakhir, berkaitan dengan perbaikan yang terus berkelanjutan. Prodi S-1 Sisfo Udinus secara nyata sudah mengantongi keempat kriteria itu,” ujarnya.

Jelasnya, melalui akreditasi ini terdapat banyak keuntungan bagi fakultas maupun perguruan tinggi. Salah satunya, adalah pembelajaran sudah terstandar sehingga lebih dipercaya internasional. Selain itu, akan mendapat kepercayaan lebih dari dunia industri.

Akreditasi IABEE menjadi salah satu lembaga akreditasi mandiri Indonesia yang telah diakui oleh pemerintah berdasarkan Kepmendikbud No. 83/P/2020. Saat ini IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA) dengan status ‘Provisional Signatory’. Organisasi independen tersebut didirikan sebagai bagian dari lembaga PII, yang berguna untuk menumbuhkembangkan pengelolaan pendidikan tinggi khususnya pada bidang teknik dan computing.

Secara terpisah, Dekan FIK Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M. ucapkan selamat atas capaian untuk Prodi S-1 Sisfo Udinus yang telah meraih akreditasi internasional. Harapannya capaian ini bisa menjadi motivasi bagi prodi lainnya di ranah FIK Udinus untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

“Kami berharap akreditasi ini dapat menciptakan lulusan yang mampu bersaing di kancah nasional hingga internasional,” tutup Dekan FIK Udinus. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)