Mendorong semangat berwirausaha bagi generasi muda, Badan Amalan Islam (BAI) Matholi’ul Anwar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang gelar Workshop Kewirausahaan. Kegiatan yang ditargetkan untuk mahasiswa itu berlokasi di ruang teater gedung I lantai 6 Udinus, pada 8 April 2023. 
 
Salah satu tujuan dari workshop tersebut adalah memberikan bekal kepada generasi muda seputar wawasan untuk berwirausaha. Oleh karena itu, dihadirkan dua pembicara yang kompeten untuk menyampaikan materi. 
 
Pembicara pertama ialah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Imam Nuryanto, S.E., M.M., membawakan materi dengan topik ‘Business Strategy Planning on Islamic Perspective and Business Model Canvas (BMC)’. Dilanjutkan dengan pembicara kedua, Founder Es Coklat Panjang Umur, Alvina Wardani, S.Psi., yang membawakan materi tentang pentingnya edukasi dunia kewirausahaan bagi para mahasiswa.
 
Kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan masyarakat umum. Dengan mengusung tema ‘Bangkitkan Minat Berwirausaha, Generasi Muda Bisa’ BAI Udinus mendorong generasi muda untuk sadar tentang pentingnya mencoba berwirausaha. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Fahri Alfian Malik. 
 
“Dengan berwirausaha, kita dapat membuka lowongan pekerjaan dan mengurangi tingginya pengangguran,” lanjutnya.
 
Workshop Kewirausahaan BAI Udinus menjadi salah satu program tahunan. Kegiatan tersebut disusun oleh divisi Dana Usaha BAI Udinus. Fahri juga menyebutkan bahwa terdapat perbedaan antara pelaksanaan kegiatan tahun ini dengan tahun sebelumnya.
 
“Kalau tahun lalu dilaksanakan secara online, tahun ini diadakan secara offline. Selain itu, antusiasme peserta lebih tinggi dalam mengikuti acara dari awal hingga akhir,” ungkapnya.
 
Pendamping UKM BAI Udinus, Dr. Mahmud, S.E., M.M., berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, peserta dapat menggali dan memahami ilmu sebanyak-banyaknya. Utamanya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan tetap menerapkannya sesuai dengan amalan baik. 
 
“Sebagai salah satu kegiatan tahunan, pelatihan wirausaha setiap tahunnya akan mengalami keterbaruan sesuai dengan kemajuan teknologi. Harapannya peserta juga bisa mendapat wawasan yang baik dan tidak menyalahgunakan perkembangan tersebut,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. BAI Udinus)