Bakti sosial menjadi pelengkap berkah di bulan suci Ramadan 1444 Hijriah bagi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kegiatan yang rutin dilakukan disetiap bulan penuh kebaikan itu berlangsung di halaman gedung E Udinus, pada Jumat, 14 April 2023. 
 
Total 5 ton beras atau kurang lebih sebanyak 1000 kantong beras seberat 5 kg dibagikan untuk kebutuhan warga yang membutuhkan. Bantuan itu diberikan untuk warga di area kampus Udinus hingga di beberapa wilayah di Kota Semarang. Seperti di wilayah kelurahan Pendrikan Kidul dan sekitarnya.
 
Secara simbolis, kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M. Pada pidatonya, ia berharap bantuan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga yang mendapatkan. Bakti sosial dilakukan sebagai salah satu bentuk peduli lingkungan kampus terhadap lingkungan sekitar, terutama kepada para warga yang membutuhkan. Dalam proses pembagiannya kepada masyarakat, Udinus menggandeng organisasi mahasiswa untuk ikut serta membagikan bakti sosial. 
 
“Kegiatan tahun ini kami usung dengan nama Bakti Sosial Aktivis Udinus, sebagai langkah nyata memberikan contoh baik kepada mahasiswa untuk peduli dengan masyarakat sekitar. Harapannya baksos ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi warga dan menambah kebahagiaan bagi mereka,” imbuhnya.
 
Dalam pembagian beras tersebut hadir juga, Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT dan Kepala Biro Umum, Sarju S.Kom, M.M, bersama perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Udinus dan Resimen Mahasiswa Batalyon 948 Macan Kumbang Udinus.
 
Program tahunan itu disambut baik oleh Kepala Kelurahan Pendrikan Kidul Tati Trianingsih, S.H. Rasa terima kasih ia sampaikan mewakili suara seluruh warga kepada Rektor Udinus beserta jajarannya. Selain bermanfaat untuk warga sekitar, bantuan beras sebanyak 5 ton itu diharapkan menjadi berkah untuk Udinus. Melalui kegiatan ini membuktikan bahwa di kampus tidak hanya diajarkan pendidikan saja, namun juga pada kepedulian sosial kepada masyarakat. 
 
“Melalui program yang rutin seperti ini diharapkan kedekatan kampus dengan masyarakat dapat terjadi dengan harmonis. Terlebih tidak lama lagi Udinus akan memiliki fakultas baru, semoga dapat bermanfaat untuk lingkungannya,” harap Tati.
 
Sepanjang bulan Ramadan 1444 H, Udinus juga telah memberikan serangkaian bantuan untuk mahasiswa dan juga warga di sekitar Kota Semarang. Seperti pembagian 2.000 takjil setiap harinya selama 30 hari di dua masjid yang ada di Udinus. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)