Malam Lailatul Qadar atau 10 hari terakhir bulan Ramadan menjadi momen bagi umat islam untuk berburu pahala dan kebaikan dengan melaksanakan kegiatan keagamaan. Sama hal nya yang dilakukan oleh sivitas akademika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam kegiatan ‘I’tikaf, Sahur Bersama, Shalat Subuh Berjamaah’ yang berlokasi di Masjid Baitul Ilmi Udinus pada Sabtu (15/04/2023).
 
Kegiatan yang diinisiasi oleh Panitia Gema Ramadan 2023 itu diikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang merupakan sivitas akademika Udinus. Kegiatan itu ditujukan untuk menumbuhkan rasa silaturahmi antar jamaah utamanya karyawan dengan mengikuti shalat subuh berjamaah yang dipimpin oleh imam, Ustadz Puji Rohman.
 
Ketua panitia, Prof. Dr. Drs. Jumanto, M.Pd., menjelaskan bahwa dalam kegiatan diisi dengan beberapa aktivitas. Seperti I’tikaf yakni berdiam diri di dalam masjid dengan niatan sembari memperbanyak dzikir, tafakkur, hingga memperbanyak membaca Al-quran. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan setiap tahunnya.
 
“Meski dilaksanakan di waktu dini hari hingga usai subuh, antusiasme jamaah untuk mengikuti kegiatan tahunan ini sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah peserta yang menghadiri dan dengan cermat mendengarkan tausiyah,” jelasnya.
 
Pada kesempatan tersebut tausiyah diberikan oleh Ustadz Zaenal Arifin, S.E., M.Kom., yang memberikan kultum usai salat subuh yang menyerukan kepada jamaah seputar i’tikaf. Semestinya kegiatan itu tidak hanya dilaksanakan saat Ramadan saja.
 
“Namun, usai melewati bulan penuh kebaikan ini, jamaah diharapkan tetap rutin melaksanakan kegiatan seperti i’tikaf dan juga subuh berjamaah di lingkungan masing-masing,” ajaknya.
 
Selain melakukan kegiatan di 10 hari terakhir, selama bulan suci Ramadan 1444 H ini panitia Gema Ramadan dan juga sivitas akademika Udinus lainnya sudah banyak melakukan aktivitas penuh kemuliaan. Seperti shalat tarawih berjamaah, membagikan 2.000 takjil setiap harinya untuk mahasiswa, membagikan 5 ton beras untuk masyarakat sekitar, dan juga melakukan bakti sosial on the road yang juga menggandeng beberapa organisasi mahasiswa Udinus. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Panitia Gema Ramadan)