Yolanda Marcela Binambuni, mahasiswi yang kini berkuliah di Program Studi S-1 Bahasa Inggris Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terus menorehkan prestasi yang membanggakan. Kini, mahasiswi yang akrab disapa Yolanda berhasil terpilih menjadi Awardee di program Indonesian Internasional Student Mobility Awards (IISMA) 2023

Melalui program tersebut, ia menjadi salah satu wakil Udinus dan akan melaksanakan pertukaran pelajar di The University of Auckland, New Zealand. Program pertukaran pelajar internasional itu merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Pada wawancaranya, Yolanda Marcela Binambuni merasa senang dan bangga karena ia telah melakukan telah melakukan usaha sebaik mungkin. Ia pun mengaku, keberhasilannya lolos program IISMA pada tahun ini, menebus kegagalannya pada tahun lalu. Rencananya, ia akan mengikuti pertukaran pelajar selama 4 bulan yang dimulai pada Juli mendatang.

“Saya ikut IISMA, karena memang saya tidak pernah injak kaki di luar negeri dari dulu dan saya ingin kesana.Jerih payah saya untuk mendaftar program ini,  terbayarkan di tahun ini.  Menurut saya,  kalau belum bisa ke luar negeri menggunakan uang, bisa ke luar negeri meggunakan ilmu,” jelas Yolanda dalam wawancaranya mengenai keberhasilannya lolos Program IISMA 2023.

Kepala Biro (KUI) Udinus, Dr. Ir. Dwi Eko Waluyo, M.M., menjelaskan bahwa pada program IISMA, mahasiswa bukan hanya melaksanakan pertukaran pelajar saja, tetapi mereka juga akan belajar mengenai sejarah dan budaya tradisional dari negara tujuan. Ungkap Dwi Eko, Yolanda Marcela Binambuni menjadi perwakilan Udinus dan terdapat sekitar 8.267 peserta di seluruh Indonesia yang telah mendaftar program tersebut.

“Selain itu, mahasiswa yang lolos program IISMA tahun ini,  akan ditugaskan untuk menggelar event budaya atau Culture Week dimana mahasiswa akan memperkenalkan budaya indonesia ke masyakarat asing. Saya harap mahasiswa Udinus yang sudah lolos di tahun 2023 ini, dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat khususnya di wilayah Udinus dan Jawa Tengah,” jelasnya.

Pada prosesnya mengikuti program IISMA, mahasiswa mengikuti dua seleksi yakni seleksi akademik dan wawancara. Program tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa indonesia yang sudah terpilih untuk mengenyam pendidikan di Universitas luar negeri pilihan terbaik di dunia. Nantinya diharapkan para mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi masyarakat dan khususnya pendidikan di Indonesia. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. KUI)